Pati  

2022 tak Ada Mudik Gratis

Bupati Pati Haryanto. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pada 2022 tidak akan menyelenggarakan mudik gratis  untuk masyarakat yang berada di luar daerah. Hal itu karena sesuai kebijakan yang ambil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah yang meniadakan mudik gratis.

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan, pemerintah tidak melarang masyarakat untuk mudik lebaran. Akan tetapi, pemerintah hingga tahun ini tidak mengadakan mudik gratis seperti beberapa tahun sebelumnya.

“Untuk mudik gratis tidak boleh. Saya sudah menganggarkan, tapi Pemprov Jateng selaku koordinator tidak memperbolehkan mengkoordinir pulang mudik gratis. Sehingga anggaran yang sudah dialokasikan untuk kegiatan tersebut akan dikembalikan lagi,” katanya.

Baca juga:  Jampisawan Pati Minta Ada Sosialisasi SOP Bendung Karet

Haryanto menjelaskan, pihaknya mengaku telah mempersiapkan sejumlah kendaraan untuk mudik gratis bagi di luar daerah. Khususnya Jakarta. Akan tetapi mudik gratis justru belum diizinkan.

“Kecuali nanti ada perubahan kebijakan yang memperbolehkan mudik gratis ini. Soalnya, semua kebijakan melihat perkembangan di lapangan. Tapi saat Kabag Kesra Pemkab Pati mengikuti rapat di Kudus, itu tidak ada pemulangan mudik yang dikoordinir pemprov,” lanjutnya.

Diketahui, Pemerintah Pusat di 2022 tidak melarang orang-orang mudik. Akan tetapi ada syarat yang wajib dipenuhi pemudik. Yakni warga yang hendak mudik harus sudah suntik vaksinasi booster.

“Bagi warga yang ingin mudik secara mandiri, pemerintah sudah memperbolehkan. Asalkan sudah vaksin booster,” tandasnya. (cr7/fat)