Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Permainan Four Posts

Oleh: Dian Andansari, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris SMAN 2 Demak, Kabupaten Demak

BAHASA Inggris sebagai bahasa internasional adalah sesuatu yang penting dan menjanjikan di masa depan. Guru berupaya mengajarkan semua ketrampilan dalam Bahasa Inggris supaya adanya keseimbangan antara ketrampilan membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis. Dengan cara pembelajaran yang menyenangkan, demokratis, memancing kreativitas, mendorong berpikir kritis. Untuk itu, guru perlu mengadakan pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Demak dengan permainan. Suasana pembelajaran ini bisa diciptakan dengan permainan menggunakan 4 pos. Di mana tiap pos akan ada identitasnya mulai dari pos 1,2,3 dan 4.

Selamat Idulfitri 2024

Adapun pelaksanaannya, guru membentuk kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 4 siswa, maka akan terbentuklah 9 kelompok. Tiap-tiap pos akan berisi 2 kelompok. 1 kelompok secara bergantian akan menjadi fasilitator tiap pos. Guru hanya sebagai pengamat, di mana tugas guru menjelaskan aturan tiap pos sebelum permainan di mulai, sehingga tiap kelompok akan tahu apa yang harus dilakukan tiap posnya. Setiap pos permainan membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tiap kelompok akan mendapatkan 1 papan jawaban, di mana jawaban tiap pos dijadikan satu dengan diberi keterangan kegiatan pos ke berapa tiap jawaban.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pada pos 1 ini guru memberikan materi procedure yang berupa teks tentang langkah-langkah membuat/menggunakan sesuatu secara acak. Kemudian tiap kelompok diminta menjawab dengan cara menulis jawaban dipapan jawaban dengan cara mengurutkan langkah-langkah yang sesuai urutannya hanya dengan menuliskan nomor urutannya.

Pada pos 2, guru menyediakan materi yang berisi bahan dan langkah-langkah suatu kegiatan. Kelompok diminta untuk menebak masakan/kegiatan apa yang dimaksud dengan menuliskan di papan jawaban. contoh: ingredient: 10 piece of rectangular white bread without the skin, 5 boiled egg, 5 chess, 1 tomato, 1 carrot, 1 cucumber, mayonnaise. Steps: 1 Peel the boiled eggs and put it in a bowl. Mash the eggs up. 2 Cut tomatoes, cucumber, and carrots into the small piece. Place into the bowl containing the eggs. 3 Rub the mayonnaise on the bread and then insert the cheese into the oven in about 3 minutes. After that, rub the cheese on the top of your bread. 4 Put the sliced cucumber, carrots, tomatoes and your eggs. Place a piece of bread on the top as the last layer. 5 Cut the bread into the triangle shape. it is ready to serve. Pertanyaannya: what is it ? Jawabnya: Roasted Sandwich.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Pada pos 3, guru memberikan pilihan beberapa kertas “Judul masakan atau membuat sesuatu”, siswa diminta untuk menuliskan bahan atau bumbu serta langkah-langkahnya di papan jawaban kemudian disampaikan ke kelompok lawan untuk bisa ditebak kegiatan apa yang dimaksud. Jika bisa di tebak, maka nilai untuk kedua kelompok. Jika tidak bisa di tebak, maka keduanya tidak mendapatkan nilai/poin.

Pada pos 4, guru memutar video yang berhubungan dengan teks procedure. Siswa diminta untuk mengamati kemudian menebak apa yang dilakukan dalam tayangan video tadi dengan menuliskannya di papan jawaban. Setelah permainan selesai guru memberikan skor. Tiap Pos nilai tertinggi 25. Jika tiap pos betul semuanya maka nilainya 25 X 4 = 100. Nilai kumulatif semuanya tertinggi 100. 3 kelompok yang tertinggi nilainya maka akan mendapatkan reward. (*)