Jagoan Cantik, Sabet Medali Emas

  • Bagikan
Cantika Oktalianiz. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

CANTIKA Oktalianiz, siswi MTs N 9 Bantul berhasil menduduki posisi pertama di kategori Kick Light Tatami Putri U 13-14. Prestasi itu ia peroleh pada cabang olahraga eksebisi Kickboxing dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Akrab disapa Cantika atau Can, dirinya mengaku, tertarik Kickboxing berawal dari melihat salah satu atlet luar negeri. Lalu saat mencoba, ia merasa ketagihan dan ingin berlatih terus menerus.

“Waktu itu aku mengamati Ronda Rousy (atlet Kickboxing). Saat menonton atlet ini rasanya menyenangkan dan keren. Setelah itu, aku coba berlatih dan malah akhirnya suka,” ucapnya Kamis (22/9).

Lebih lanjut, ia bercerita, kemampuan Kickboxing dipelajarinya di Sekolah Bela Diri Indonesia, Banguntapan, di bawah asuhan Senpai Lafran. Menurutnya, ia bertekad menjadi atlet Kickboxing profesional seperti idolanya.

“Aku suka sekali dengannya. Dia itu atlet wanita Ultimate Fighting Championship (UFC) dan pegulat kondang di World Wrestling Entertainment (WWE). Dan aku ingin sepertinya, tapi versi di Jogja,” imbuhnya.

Baca juga:  Tanamkan Agama yang Kuat dalam Keluarga

Sementara itu, Lafran Arse Jamaluddin selaku Ketua Pelaksana Exsebesi Kickboxing Porda XVI DIY mengatakan, olahraga ini tidak mudah. Para atlet harus bisa menggabungkan pukulan dan tendangan.

“Tidak itu saja, atlet harus  memperhitungkan taktik dan strategi. Dan menyerang secara brutal. Pendapatan poin ya juga berbeda dengan tinju dan muaythai. Pukulan atlet harus bersih, artinya pukulan yang diluncurkan tidak ada tangisan,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Sekolah MTs N 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati turut bangga atas perolehan anak didiknya. Pihaknya memberikan apresiasi tinggi dan ucapan selamat.

“Cantika juga aktif di Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Dan saya berharap agar Dia bisa menularkan semangat berprestasinya kepada teman dan atau siswa-siswi lainnya,” ujarnya.(mg3/ziz)

  • Bagikan