Dispusarda Pemalang: Budaya Literasi Masyarakat Naik pada 2022

HENING: Para pengunjung Perpusda Pemalang fokus membaca buku yang tersedia di Perpusda Pemalang, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusarda) Kabupaten Pemalang mencatat nilai Budaya Literasi Masyarakat pada 2022 lalu naik 6,59 persen menjadi 28,98 persen dari tahun sebelumnya dan melampaui target tahunan. Angka tersebut diharapkan bisa terus bertahan bahkan naik di 2023.

Kepala Bidang Perpustakaan Nurokhman mengatakan, naiknya angka tersebut karena adanya kenaikan angka indeks pembangunan literasi di Kabupaten Pemalang. Di mana Dispusarda pada 2022 lalu melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan fasilitas membaca agar masyarakat lebih nyaman dalam melakukan kegiatan membaca.

Selamat Idulfitri 2024

Salah satu pembangunan yang dilakukan yaitu adanya taman baca di beberapa taman serta tempat wisata di Kabupaten Pemalang. Selain itu, juga pengembangan perpustakaan digital lewat program pojok baca digital (pocadi) serta penambahan koleksi buku di perpustakaan daerah.

Baca juga:  Festival Kupat 2024: 30 Ribu Ketupat dan Hiburan Meriah Ramaikan Pantai Widuri Pemalang!

“Kita kemarin banyak melakukan kegiatan untuk pengembangan infrastruktur perpustakaan dan taman baca. Dari perluasan perpustakaan menuju digitalisasi serta penambahan koleksi buku sebanyak 2.000 eksemplar,” tuturnya.

Namun peningkatan fasilitas ini belum mendapat perhatian khusus dari masyarakat, sebab angka tingkat niat baca atau kegemaran membaca (TGM) masyarakat Pemalang menurun 4,64 persen dari angka di 2021. Sehingga dirinya mengajak masyarakat untuk lebih giat membaca, terutama terkait dengan kajian ilmu pengetahuan, artikel ilmiah dan hal lain yang berkaitan.

“Kita menargetkan angka TGM 2021-2026 itu 55,3 persen sama seperti pusat, pencapaian 2021 54,32 persen dan turun di 2022 menjadi 49,64 persen. Melihat itu, saya dorong dan umumkan masyarakat untuk mau melakukan kegiatan membaca terutama artikel ilmiah ataupun hal lain yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan,” imbuhnya. (fan/abd)