Tingkatkan Kunjungan, Dispusarda Pemalang Ajak Sekolah Kerja Sama

SERU: Siswa salah satu SD saat melakukan kunjungan di Perpusda Pemalang beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam rangka meningkatkan minat baca serta kunjungan Perpustakaan Daerah (Perpusda) masyarakat terutama pelajar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusarda) mendorong kerja sama sekolah atau satuan pendidikan untuk melakukan kunjungan di Perpusda Pemalang. Hasilnya, dari kunjungan tersebut ada penambahan 1.000 anggota Perpusda di awal 2023 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Dispusarda Pemalang Nurokhman mengatakan, program kerja sama ini dilaksanakan sebagai untuk menggugah niat baca dan kunjungan di perpustakaan. Sebab selama pandemi, hal itu tidak dapat dilakukan, karena perpustakaan menjadi area publik yang harus ditutup sementara.

Baca juga:  Anggaran Infrastruktur Pendidikan Pemalang Berkurang di 2024

“Kita dua tahun kemarin benar-benar tidak bisa melaksanakan kegiatan pelayanan kunjungan karena adanya pandemi. Jadi setelah pelonggaran kegiatan di 2023 ini, kita maksimalkan dengan mendorong kerja sama sekolah, agar bisa mengajak siswa-siswinya untuk bisa berkunjung,” tuturnya.

Dari langkah tersebut, Perpusda dapat menambahkan jumlah anggota mereka sebanyak 2% atau 1.000 anggota dari 12 ribu anggota sebelumnya. Harapannya, hal ini bisa meningkatkan niat baca masyarakat Kabupaten Pemalang dan tingkat literasi mereka.

Lebih lanjut, ia juga memberikan reward atau penghargaan kepada setiap anggota yang aktif dan peduli akan literasi. Dengan memberikan hadiah berupa suvenir kecil serta keringanan meminjam, yang biasanya dibatasi satu orang dua buku, mereka bisa meminjam tiga buku.

Baca juga:  Bawaslu Pemalang Minta KPU Kirimkan Data Konkret

“Kita sangat aktif dan memperhatikan setiap anggota Perpusda. Karena merekalah yang kita layani dalam program peningkatan literasi serta minat baca. Dengan memberikan kenyamanan serta hadiah, diharapkan bisa memotivasi mereka untuk mengajak masyarakat lainnya agar mau mengunjungi Perpusda,” tuturnya. (fan/abd)