SDN Pekunden Semarang Ajak Siswa Hayati Isi Dasa Dharma

AKTIVITAS: Sejumlah siswa saat menghafalkan Dasa Dharma dan Pancasila di depan gerbang SDN Pekunden Semarang, Minggu (13/8/23). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng –  Menyambut Hari Pramuka Nasional, SDN Pekunden Semarang mengajak siswa-siswi kelas 5 dan 6 untuk melafalkan Dasa Dharma di depan welcome gate sekolah. Hal tersebut bertujuan agar para siswa dapat menghayati poin penting dari Dasa Dharma yang dihafalkan, serta mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Kepala Sekolah SDN Pekunden Semarang, Abdul Khalik mengatakan, selain siswa kelas 5 dan 6, ada juga kelas 3 dan 4 melafalkan Dwi Dharma. Kemudian, kelas 1 dan 2 yang melafalkan Pancasila.

“Bagi anak yang tidak hafal maka dia akan berhenti disitu (welcome gate, Red.) menunggu jemaah (siswa, Red.) belakangnya. Sehingga dia melafalkannya ikut berjamaah. Dengan demikian mereka benar-benar hafal dan menghayati isi-isi serta mengamalkan itu. Itulah esensi Pramuka menurut kami,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, kemarin.

Baca juga:  Unwahas Gelar Kuliah Tamu Bahas Pembangunan Berkelanjutan dan Hukum Bisnis

Ia mengungkapkan, perayaan Hari Pramuka di SDN Pekunden tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Diketahui pada tahun 2022 lalu, SDN Pekunden hanya merayakan dengan upacara saja.

Welcome gate kita buat semenarik mungkin kita buat seperti perkemahan. Lalu ada juga photo booth pakai tenda dome, diberi lampu-lampu di depannya juga api unggun agar nuasanya seperti camping,” jelasnya.

Dengan konsep seperti itu, pihaknya ingin mengembalikan kembali ingatan anak-anak untuk lebih dekat dengan Pramuka. Tujuannya untuk membangun muatan karakter anak. (cr7/mg4)