Pemkab Pemalang Kucurkan Rp 39,6 M untuk Tangani Jalan di 2024

SIKAP SEMPURNA: Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama seluruh Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pemalang dalam Rapat Paripurna Dengar Jawaban Eksekutif, Rabu (18/10). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam rencana Raperda APBD 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang berencana menganggarkan Rp 39,6 miliar untuk menangani proyek infrastruktur, terutama jalan. Hal ini masih menjadi prioritas Pemkab, dengan harapan mampu meningkatkan angka jalan mantap di Kabupaten Pemalang, dalam rangka mendukung kemajuan dan kesejahteraan perekonomian masyarakat..

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, infrastruktur masih jadi hal utama yang direncanakan dalam rencana pembentukan Raperda APBD 2024. Dijelaskan bahwa saat ini, kondisi jalan di Kabupaten Pemalang 58,31 persen kondisi baik, 10,57 persen kondisi sedang, 10,83 persen rusak sedang, dan 20,30 persen rusak berat.

Baca juga:  Eksekutif & Legislatif Ikuti Sosialisasi Anti korupsi

“Kita masih punya PR perbaikan infrastruktur jalan di tahun depan. Jadi untuk penanganan direncanakan anggaran Rp 39.695.155.000 untuk jalan penanganan jalan rusak ringan dan berat yang dikalkulasikan sebesar 31,13 persen atau 238,33 kilometer. Walaupun tidak seluruhnya bisa kita selesaikan di tahun ini,” ucapnya.

Selain itu, dalam penanganan isu strategis yaitu kemiskinan ekstrem dan stunting, Pemkab akan mengajak kerja sama Baznas Provinsi dan CSR atau perusahaan swasta untuk bersinergi. Nantinya, Baznas akan membantu dengan alokasi anggaran hibah yang digunakan untuk pelatihan kerja, dan disalurkan ke perusahaan/CSR lokal agar tenaga kerja terserap.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Siap Atasi Kenaikan Harga Bakepok Jelang Nataru

Adapun untuk penataan ASN, Mansur menegaskan akan menggunakan sistem Merit terbuka untuk penempatan PNS dalam jabatan dengan prinsip kualifikasi, kompetensi, kinerja, serta rekam jejak disiplin mereka. Sehingga akan mendapatkan SDM PNS yang mumpuni di seluruh OPD yang masih memiliki kekosongan jabatan.

“Pasti seluruh pandangan fraksi kemarin akan jadi catatan kami untuk pembentukan Raperda APBD 2024. Di mana anggaran ini sangat menentukan jalannya seluruh program prioritas Pemkab Pemalang, dari penanganan infrastruktur jalan, stunting, kemiskinan ekstrem, dan penataan ASN yang saat ini menjadi sorotan,” terangnya. (fan/abd)