Mansur Sebut Banyak ASN Bermulut Ember

KESAL: Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat memberikan sambutan di Pengarahan Sosialisasi Disiplin Aparatur Sipil Negara di Pendopo Kabupaten Pemalang, Kamis (2/11). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Bupati Pemalang Mansur Hidayat tampak kesal kepada seluruh ASN yang hadir dalam Pengarahan Sosialisasi Disiplin Aparatur Sipil Negara di Pendopo Kabupaten Pemalang, Kamis (2/11). Hal tersebut merupakan buntut dari banyaknya pegawai ASN di lingkungan Pemkab yang tidak bisa menjaga kerahasiaan dokumen negara.

Mansur mengatakan, seharusnya setiap ASN di lingkungan Pemkab Pemalang mempunyai rasa integritas yang tinggi atas jabatan mereka. Namun pada praktiknya, dirinya sering menjumpai mereka melakukan kegiatan pembocoran dokumen rahasia negara, dan hal itu merupakan salah satu ciri dari ASN yang tidak mempunyai loyalitas pada atasan.

Baca juga:  Gelora Politik Pemalang Makin Memanas

“Sudah saya tekankan beberapa kali, kok masih saja ada hal seperti ini. ASN tidak punya loyalitas pada atasan, juga tidak mampu merahasiakan dokumen penting. Mereka kok ember sekali,” ucapnya dengan geram di hadapan ratusan ASN di Pendopo Kabupaten Pemalang, Kamis (2/11/23).

Ia menjelaskan, bila para ASN menjaga loyalitas pada jabatan, atasan, dan negara, mereka tidak akan membocorkan informasi yang seharusnya dirahasiakan. Contohnya ketika belum lama ini Mansur mendisposisi dokumen, baru saja ditandatangani informasi terkait isi dokumen itu langsung menyebar ke berbagai pihak.

Baca juga:  Tanamkan Moderasi Beragama di Lingkup Pejabat

Maka sehubungan adanya acara Pengarahan Sosialisasi Disiplin Aparatur Sipil Negara di Pendopo Kabupaten Pemalang, dirinya kembali menekankan bahwa setiap ASN harus mempunyai loyalitas dan integritas. Ketika akan menginformasikan data ataupun hal lain, harus sesuai dengan izin dari pimpinan, sehingga informasi-informasi yang seharusnya dikecualikan tidak menyebar.

“Jika mereka menjaga loyalitas, bahkan ketika ke istrinya atau suami tidak akan membocorkan, ini bentuk loyalitas sebenarnya keluarga saja tidak tahu apalagi orang lain. Jadi yuk bareng-bareng kita bangun Kabupaten Pemalang bersama, dengan jaga loyalitas jabatan kita masing-masing untuk layani masyarakat,” imbuhnya. (fan/abd)