Belajar Teks Prosedur Lebih Menyenangkan melalui Media Video Slide

Oleh: Siti Munariyah, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia MTs N 5 Demak, Kec. Bonang Kab. Demak

GURU sebagai pengajar di sekolah dituntut menguasai banyak kompetensi, seperti perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Guru dapat menggunakan sebuah media pembelajaran berbasis audio visual berupa video slide untuk mempermudah peserta didik dalam menerima materi dengan baik.

Pada tahun pelajaran ini (2023/2024), kurikulum yang ditetapkan adalah Kurikulum Merdeka. Yakni kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler dengan konten yang beragam agar siswa dapat mendalami konsep dan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan Kurikulum Merdeka, siswa belajar mengedepankan keberagaman pembelajaran. Sehingga dikelompokkan dalam fase D. Baik dari kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX.

Pembelajaran bahasa Indonesia digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan mengembangkan kreativitas daya kritis siswa. Teks prosedur adalah suatu teks yang berisi langkah-langkah aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Pembelajaran dalam menggunakan video slide lebih menyenangkan, karena peserta didik lebih semangat dalam belajar. Proses pembelajaran seharusnya lebih menitikberatkan pada kreativitas peserta didik, serta keaktifan peserta didik untuk belajar dan memaknai setiap materi yang diberikan pendidik. Sehingga terjadi pembelajaran yang lebih kooperatif. Selain itu, proses pembelajaran diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik.

Materi teks prosedur merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Maka, dalam pembelajaran dapat menciptakan variasi belajar yang menyenangkan.

Media video slide berbentuk sebuah video praktek sehingga memberikan visualisasi yang disajikan. Penyajian teks prosedur dapat dilakukan melalui berbagai media video slide yang dibuat di Power Point. Video pembelajaran sebagai media pembelajaran memiliki unsur audio visual. Sehingga peserta didik tidak merasa kesulitan dalam memahami isi penyajian dari media video slide.

Siswa lebih mudah untuk menulis teks prosedur dan aktif belajar. Kelebihan pembelajaran menggunakan video slide adalah meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Kemudian dapat menyajikan teks, gambar, foto, audio video. Juga lebih menarik, serta dapat menjangkau kelompok banyak. Sedangkan kelemahannya adalah menggunakan perangkat tambahan dan tergantung pada arus listrik tinggi.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Media pembelajaran video slide sangat berpengaruh besar terhadap terciptanya kelas yang aktif. Sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa yang menyenangkan. Perhatian dan konsentrasi siswa dalam melatih kreativitas dapat mendorong terbentuknya interaksi antarmereka.

Pembelajaran teks prosedur dapat juga membantu guru untuk memvisualisasikan materi pelajaran ke siswa. Langkah-langkah pembelajaran teks prosedur melalui media video slide adalah pertama, siswa diminta berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas empat sampai lima orang.

Kedua, merumuskan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Ketiga, memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai. Keempat, guru memutar dua kali video slide yang ditampilkan lewat proyektor, tentang cara membuat salad buah yang sehat.

Baca juga:  Guru Bangun Kepercayaan Diri pada Siswa Korban Bullying

Kelima, setelah semua kelompok selesai melihat video slide yang diputar selanjutnya setiap kelompok mempraktekkan video slide yang sudah di visualisasikan. Keenam, setiap kelompok menuliskan langkah-langkah dalam pembuatan teks prosedur di kertas.

Ketujuh, menyajikan di depan kelas dengan membacakan hasilnya tiap kelompok. Kedelapan, hasilnya ditempelkan di dinding. Kesembilan, masing-masing kelompok berkunjung melihat hasil dari kelompok lain.

Dengan pembelajaran media video slide ini siswa tidak merasa bosan. Tapi sebaliknya dalam pembelajaran menggunakan media video slide ini siswa merasa antusias dan senang karena bisa berinteraksi antarsesama teman. Karena penyampainnya menggunakan video slide, sehingga sangat menarik perhatian. (*)