Dispar Bantul Optimistis Kunjungan Pariwisata Nataru Meningkat

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo
Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul optimis kunjungan pariwisata saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang meningkat dari tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan sudah mulai pulihnya kondisi perekonomian setelah pandemi Covid-19 lalu.

Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan, kunjungan pariwisata sudah mulai stabil dari tahun sebelumnya. Menurutnya, ada sebanyak 2,3 juta kunjungan yang mengenakan retribusi dan 2,5 juta yang non retribusi.

“Saya kira sudah sebanyak 5 juta lebih kunjungan pariwisata per awal pekan ini. Sudah lumayan stabil dibandingkan tahun sebelumnya atau 2022 lalu. Tapi kalau dibandingkan dengan sebelum pandemi, tentu belum bisa pulih sepenuhnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Edukasikan Kekerasan Anak dengan Film Jogja Kece

Pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata di Bantul dengan berbagai kegiatan. Di antaranya festival lampion, layang-layang, tari montro, Symphony Gumuk Pasir, dan lainnya.

Sementara itu, dalam momen perayaan Nataru nantinya, pihaknya optimis di akhir 2023 kunjungan pariwisata akan mengalami peningkatan dari 2022 lalu. Namun jumlahnya masih relatif kecil atau belum bisa normal.

“Prediksi kami, di Desember nanti jumlahnya kurang lebih akan ada 3,5 juta kunjungan pariwisata retribusi. Tentu harapan kami jumlah kunjungan ini lebih baik lagi di tahun yang akan datang,” pungkasnya.(cr13/sam)