Pemkab Pemalang Wajibkan 56 Eselon III Ikuti Seleksi JPTP

Sekda Pemalang Hariyanto
Sekda Pemalang Hariyanto. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Minimnya jumlah ASN Eselon III di Kabupaten Pemalang, menjadi alasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mewajibkan mereka untuk ikut serta dalam seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Eselon II yang mulai dibuka sejak 2 Desember lalu. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang membenarkan hal tersebut dan berharap pada proses ini bisa terseleksi dengan baik, serta tidak ada kongkalikong.

Sekda Pemalang Hariyanto mengatakan, kewajiban seluruh pejabat Eselon III untuk mendaftarkan diri pada seleksi dilakukan, karena melihat ini merupakan momentum yang baik dalam peningkatan karier mereka. Di mana total ada 56 Eselon III di lingkungan Pemkab yang mendapat surat untuk wajib ikuti seleksi.

Baca juga:  Mansur Inginkan RLS Meningkat

“Tahapan pertama ini kita buka 13 posisi JPTP. Kalau dibagi dengan jumlah pejabat sekarang, paling tidak minimal tiga-empat pendaftar bisa tercapai. Jadi silakan mendaftarkan diri, ini jadi ajang yang baik untuk peningkatan karier terutama mereka yang bekerja dengan baik serta berprestasi,” ucapnya.

Pengumuman seleksi ini dilakukan, setelah sebelumnya Pemkab mengadakan seleksi rotasi mutasi jabatan ke enam JPTP Eselon II. Salah satu yang dipastikan berpindah yaitu Kepala Dishub Pemalang, karena pada pembukaan pendaftaran JPTP di 13 posisi, Dishub salah satu yang dibuka pendaftarannya.

Baca juga:  Pemkab Harapkan Festival Bandeng Salto Dongkrak Popularitas Pemalang

Lebih lanjut, dirinya memastikan tidak akan ada orang yang memanipulasi dan mempengaruhi pada seleksi ini. Semuanya sesuai dengan perintah dari Bupati Pemalang, dan hingga keputusan akhir nanti, diputuskan langsung oleh bupati melalui hak prerogatifnya.

“Meskipun diwajibkan di area Pemkab, tapi seleksi ini terbuka umum kepada seluruh ASN di seluruh daerah di Indonesia untuk mendaftarkan diri. Saya pastikan prosesnya tidak akan ada yang main curang, sesuai dengan perintah Pak Bupati,” tegasnya. (fan/abd)