Pemkab Pemalang Gratiskan Tes Kesehatan PTPS

CEK: Masyarakat Kelurahan Kebondalem saat memeriksakan kesehatan sebagai salah satu syarat menjadi KPPS Pemilu 2024 di Puskesmas Kebondalem, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang kembali gratiskan tes kesehatan di seluruh puskesmas khusus untuk pendaftar peserta Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), setelah sebelumnya melakukan hal serupa pada seleksi KPPS KPU Pemalang. Langkah ini menjadi dukungan nyata Pemkab untuk sukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menuturkan, pihaknya telah memerintahkan Dinas Kesehatan (dinkes) untuk kembali melakukan pelayanan gratis kepada seluruh peserta PTPS sebagai persiapan Pemilu 2024. Harapannya, layanan tes kesehatan gratis ini bisa mempermudah, mempercepat, dan memperbanyak respons masyarakat agar ikut serta di dalamnya.

Baca juga:  Anggaran Infrastruktur Pendidikan Pemalang Berkurang di 2024

“Sudah saya acc. Dinkes akan melaksanakan tes kesehatan gratis di puskesmas atas permohonan Bawaslu bagi para peserta PTPS. Berarti ini yang kedua setelah kemarin KPU juga kami fasilitasi gratis,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, Mansur menekankan kepada setiap puskesmas agar bersikap kooperatif dan melakukan pelayanan terbaik. Prosesnya ia serahkan penuh kepada OPD terkait untuk memerintahkan para kepala puskesmas, agar mengagendakan pelaksanaan tes kesehatan sesuai kebutuhan di tiap desa/kelurahan setempat.

Sementara itu, Ketua Komisioner Bawaslu Pemalang Sudadi mengaku sangat senang dan bangga atas langkah yang diambil Pemkab. Ke depan, ia berharap hal ini bisa berkelanjutan untuk pemilu-pemilu lainnya. Ia menjelaskan, kebutuhan PTPS di setiap TPS adalah satu orang, sehingga jika dijumlah keseluruhan TPS di Pemalang, maka Bawaslu membutuhkan 4.687 orang PTPS di seluruh desa di 14 kecamatan. (fan/abd)