Bupati Pemalang Minta Pejabat Terlantik Hilangkan Egosentris

KHUSYUK: Tiga pejabat yang menjadi perwakilan untuk disumpah jabatan pada pelantikan JPTP Eselon II dan Kepala Sekolah, di pendopo Kabupaten Pemalang, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Secara resmi, 13 orang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Eselon II dilantik oleh Bupati Pemalang di pendopo setempat, beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, bupati berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik agar menjaga integritas dan loyalitas, serta mau berkolaborasi untuk menghilangkan egosentris di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Bupati Pemalang Mansur Hidayat usai membacakan sumpah jabatan, mengajak dan menegaskan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, agar bisa bekerja layani masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai regulasi. Dia memastikan tidak ada cawe-cawe atau jual beli jabatan dalam penentuan JPTP Eselon II ini.

Baca juga:  Petani Tuntut Pemkab Pemalang Ajukan Kuota Pupuk

Alhamdulillah setelah seleksi kemarin, kita telah menentukan 13 orang yang lolos dan dilantik sebagai kepala OPD. Mohon bekerja dengan baik untuk layani masyarakat dan memajukan Pemalang,” ucapnya.

Di sisi lain, ia merasa sangat kecewa adanya oknum aparatur sipil negara (ASN) yang masih bermental lemah dengan menghalalkan segala cara untuk lolos dalam seleksi. Belajar dari kejadian sebelumnya, Mansur tak segan memberi sanksi bagi pejabat yang melanggar aturan, bahkan memberikan pintu kepada masyarakat untuk melaporkan bila ada oknum nakal.

Pada pelantikan tersebut, total ada 720 pejabat yang dilantik dan mutasi. Yaitu JPT Pratama sebanyak 13 orang, Administrator (eselon III.a) 30 orang, Administrator (eselon III.b) 27 orang, Pengawas (eselon IV.a) 32 orang, Pengawas (eselon IV.b) 6 orang, Kepala Sekolah SMP 65 orang, Kepala Sekolah SD 400 orang, Kepala TK 8 orang, serta Jabatan Fungsional 3 orang.

Baca juga:  Sekada Pemalang Sekda Sambut Rombongan Ziarah Pemkab Banjarnegara

“Kita telah bersama-sama menandatangani pakta integritas dan seluruh pejabat diharapkan melaksanakan tugasnya dengan baik. Dorong kolaborasi jangan egosentris tiap OPD, karena dengan kerja sama kita bisa majukan Pemalang,” imbuhnya. (fan/abd)