Renovasi, Stadion Jatidiri Bakal Ditutup sampai Oktober 2024

PROSES: Pengerjaan renovasi tahap V Stadion Jatidiri Kota Semarang, tiga tahun lalu. (ANTARA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Stadion Jatidiri Semarang bakal ditutup hingga Oktober 2024. Hal ini merupakan imbas dari renovasi yang saat ini sedang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Oleh karena itu, aktivitas umum seperti jogging, pertandingan sepakbola, dan lainnya pun dihentikan. Kendati demikian masyarakat masih bisa berolahraga atau menggunakan fasilitas umum di luar stadion.

“Sesuai jadwal Kementerian PUPR penutupan sampai Oktober. Sudah (mulai renovasi, Red.), kontraknya dari bulan Desember (2023, Red.) sampai Oktober (2024, Red.). Itu kalau nggak salah, (informasi, Red.) pastinya dari Kementerian PUPR,” jelas Kepala Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Jateng Cicilia Eni Kurniati, saat dikonfirmasi Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  20 Alat Takar Hujan akan Diterapkan di Semarang

Diketahui, Kementerian PUPR telah menganggarkan Rp 1,9 triliun untuk perbaikan 18 stadion di Indonesia dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Salah satunya adalah Stadion Jatidiri di Semarang.

Pemugaran ini bukan tanpa alasan. Berkaca pada peristiwa Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu. Kementerian PUPR pun bergegas untuk memperbaiki sarana prasarana yang ada di stadion sehingga dapat memenuhi standar FIFA.

Eni menyebut, renovasi Stadion Jatidiri ini satu paket dengan Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Jepara. Di Stadion Jatidiri ada beberapa perbaikan. Di antaranya penggantian rumput lapangan yang berkualitas, lalu instalasi kursi menjadi single seat, perbaikan ruang kesehatan, serta sarana prasarana pendukung lainnya.

Baca juga:  Kadin Kota Semarang bakal Dampingi UMKM Dapat Sertifikasi Halal

“Kita penggantian rumput, nanti rumputnya diganti jenis Matrella itu distandarkan semua di seluruh stadion di Indonesia. Sama penggantian kursi, nanti seperti di Stadion Manahan menjadi single seat, sesuai standarisasi FIFA,” imbuhnya.

Eni menegaskan perbaikan utama ada di tribun barat. Selain penggantian rumput dan kursi, beberapa fasilitas kata dia juga akan ditambah. Begitu pula di tribun bagian Selatan, Utara, dan Timur akan direnovasi secara bertahap.

“Ruangan-ruangan di sesuaikan ada beberapa ruangan seperti tempat fasilitas kesehatan juga di tambah,” tegasnya.

Lebih lanjut adanya pemugaran ini juga berimbas pada PSIS Semarang. Tim Mahesa Jenar dijadwalkan akan bertanding dengan Dewa United pada Jumat (23/2/2024) mendatang. Akibat adanya renovasi di Stadion Jatidiri. maka pertandingan akan dipindah ke stadion lain.

Baca juga:  Ketentuan Baru PPDB Jateng: Zonasi Diperketat, KK Minimal 3 Tahun!

“Iya betul (pindah, Red.). Kalau nggak di Magelang di Solo,” tandasnya. (luk/adf)