Figur  

Perjalanan Aura Putri Maharani: Dari Penyanyi Kafe hingga Bermain di Teater Musikal

Aura Putri Maharani
Aura Putri Maharani. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

AWAL tahun 2024 menjadi harapan baru bagi banyak orang. Mereka yang belum bisa menggapai keinginan di tahun sebelumnya dapat melangkah dengan semangat baru.

Hal itu dirasakan oleh salah satu mahasiswi semester 4 Jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), Aura Putri Maharani (19). Dirinya berkesempatan menjadi pemeran utama di konser Arasy Cinta bersama Kang Abay di Gedung Wisma Perdamaian, Tugu Muda pada 20 Januari lalu. Acara itu menjadi salah satu hal baru yang Aura coba lakukan di dunia teater musikal.

Selamat Idulfitri 2024

“Aku suka mencoba hal baru, termasuk di teater musikal ini. Prosesnya dari mulai seleksi baca puisi, i think itu masih oke dan tidak terlalu berat untuk dicoba. Karena aku punya basic public speaking penyiar radio, jadi aku gas aja hehehe,” ucapnya saat dihubungi Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Cinta Sastra Sejak SMP: Altabella Septi Arista Raih Kesuksesan di Dunia Penulisan

Saat mengambil langkah ini, Aura mengaku sempat merasakan tantangan yang cukup berat. Tepatnya ketika melihat peserta lain memiliki suara bagus. Sehingga dirinya sempat tidak percaya bisa lolos dan terpilih jadi pemeran utama. Selama proses latihan, dirinya selalu berdoa, minum yang cukup, dan berfikir bahwa ialah ‘bintang’ di panggung teater ini.

New skill unlock. Bangga itu pasti. Apalagi pas tau aku lolos dan nonton secara langsung, feel happy-nya sampe ke diriku sih,” jelasnya.

Pendalaman karakter dari alur cerita yang sedih menjadi hal baru baginya. Menjalani peran yang mengharuskannya berakting menangis, Aura berhasil memecah suasana sehingga banyak penonton juga ikut menangis.

Dirinya mengaku tidak ada persiapan khusus sebelum tampil di panggung. Namun, ada hal yang dapat membangun kepercayaan dirinya. Yakni dorongan positif dari kedua orang tua, dan teman-teman sekitar.

Baca juga:  Mahasiswi Udinus Tunanetra Ini Sukses Menjadi Sinden Muda

Selama tampil ia mengaku deg-degan. Namun terbantu dengan lighting yang hanya menghadap ke dirinya sehingga dari kacamata penonton raut muka Aura tidak terlihat jelas.

“Lebih panik lagi waktu pertama kali mengucap script langsung berasa banget jadi Arsynya,” ujar Aura.

Perempuan kelahiran 28 Maret 2004 itu bercerita bahwa ia suka menyanyi sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Namun saat itu dirinya belum mengetahui bahwa skill vokal akan menjadi passionnya di masa depan.

“Dulu waktu SD-SMP sering ikut lomba menyanyi tunggal dan orchestra. Kebanyakan karena diajak bapak ibu guru untuk mewakili sekolah. Lalu setelah masuk SMA, ketemu sama teman- teman yang bisa main alat musik dan waktu itu aku gabung ekstrakurikuler band. Dan Alhamdulillah bisa diamanahi buat jadi ketua band di tahun itu,” terangnya.

Baca juga:  Gigih Berkompetisi, Rifkanisa Berhasil Sandang Gelar Mapresnas

Usai lulus sekolah, mereka kembali bertemu dan kemudian tertarik untuk tampil di kafe. Aktivitas itu masih berlanjut sampai saat ini.

Aura juga aktif mengikuti lomba menyanyi. Penghargaan yang pernah diraih antara lain juara 3 solo vokal tingkat nasional pada Maret 2023, juara 3 vokal grup tingkat nasional pada Desember 2022, dan lain sebagainya.

Ia mengaku belajar teknik menyanyi secara otodidak. Selain itu, dirinya juga belum pernah ikut les vokal. Ada berbagai genre musik yang ia sukai. Antara lain pop indie, klasik, dan jazz.

Dalam proses mencari sesuatu yang baru, Aura selalu menekankan pada diri sendiri untuk tidak menyerah. Di samping itu juga berpikir untuk terus melangkah maju.

“Akan ada 1001 jalan untuk menuju kata sukses. Jadi jangan takut untuk mencoba hal baru,” pesannya. (int/adf)