HUT ke-74, SMPN 1 Kudus Gelar Acara Bertema Merawat Budaya

TELATEN: Para siswa SMPN 1 Kudus tengah membatik, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sekolah Menengah Negeri (SMPN) 1 Kudus segera menginjak usianya yang ke-74 tahun. Bertema Merawat Budaya, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah ini akan menghadirkan berbagai kegiatan. Mulai dari pembuatan podcast, pemutaran film, festival dan pentas seni, flashmob, dan lain-lain.

Kepala SMPN 1 Kudus, Ahadi Setiawan memaparkan, tema besar HUT ke-74 ini diharapkan dapat memberi pembelajaran kepada keluarga besar SMPN 1 Kudus. Yakni agar budaya lokal selalu jadi perhatian.

Selamat Idulfitri 2024

“Ini upaya kita berpegang teguh mengingatkan generasi muda sebagai penggerak dan penjaga budaya bangsa,” katanya belum lama ini.

Ia berharap, SMPN 1 Kudus bisa selalu berada di garda terdepan dalam upaya mewujudkan harapan pemerintah untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka. Wawan, sapaan akrab Ahadi Setiawan menilai, pelajar SMP memiliki kreativitas dan kemampuan yang luar biasa.

Baca juga:  Jelang Liburan Idul Fitri, Babinsa Imbau Security Tingkatkan Penjagaan

“Maka, salah satu cara melihat kemampuan anak adalah melalui bakat dan prestasi. Caranya dengan memberikan mereka fasilitas yang bisa selalu mengantarkan mereka menggali ide-ide baru yang inovatif,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua HUT ke-74 SMPN 1 Kudus, Eko Purnomo menyebutkan, rangkaian kegiatan dilaksanakan pada 24 Februari hingga 8 Maret 2024. Yang sudah berlangsung yaitu pembukaan Festival Seni dan Olimpiade yang diikuti 975 pendaftar dari berbagai kota. Di antaranya Kudus, Jepara, hingga Demak.

“Dalam Festival dan Olimpiade ini ada 14 jenis perlombaan. Yaitu Olimpiade matematika, IPA (ilmu pengetahuan alam, Red.), IPS (ilmu pengetahuan sosial, Red.).  Dan festival mewarnai, menggambar, baca puisi, MTQ tilawah, story telling, tari, solo song, kaligrafi, vlog, macapat, dan khitobah,” jelasnya.

Baca juga:  Kukuhkan Simantik dan Duta Siaga DBD Perwakilan dari 9 Sekolah & 5 Perguruan Tinggi di Kudus

Adapun tema merawat budaya, lanjut Eko, dipilih sebagai upaya mempertahankan dan menghargai kekayaan tradisi yang dimiliki masyarakat Kudus. Tak hanya pentas budaya, kostum, ornamen hingga welcome drink yang disediakan juga bernuansa kebudayaan.

“Di lobby depan pengunjung akan disuguhi ornamen gamelan. Sedangkan welcome drink yang disajikan adalah jamu gendong,” sambungnya.

Selain itu, papar Eko lebih lanjut, HUT ke 74 akan dimeriahkan 50 stan bazar yang terdiri dari 24 stan literasi finansial siswa-siswi dan sisanya stan dari luar sekolah. Persiapan pelaksanaan HUT ke-74 dilakukan dengan teliti. Ia ingin menciptakan momen bersejarah dengan tidak hanya merayakan ulang tahun saja. Akan tetapi mengajak semua pihak untuk peduli terhadap budaya, kesehatan, dan lingkungan.

Baca juga:  IPARI Kudus Salurkan Santunan Yatama di Desa Krandon

“Dengan persiapan yang matang dan antusias yang tinggi, gelaran HUT SMPN 1 Kudus bisa menjadi momentum berharga dalam menjalin kebersamaan. Meningkatkan semangat dan merawat budaya lokal sebagai bagian dari identitas mereka,” ungkapnya. (cr1/adf)