Tumbuhkan Tanggung Jawab Siswa terhadap Lingkungan

PEDULI: Beberapa siswa-siswi SMP Negeri 2 Sleman sedang melakukan penghijauan di halaman sekolah mereka, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

TANGGUNG jawab terhadap pemeliharaan dan pemulihan lingkungan hidup perlu ditanamkan kepada generasi muda dengan berbagai cara. Termasuk lewat pendidikan di sekolah. Kepedulian terhadap lingkungan hidup yang kini kondisinya memprihatinkan itu, bisa dilakukan dengan mengajak siswa menghijaukan lingkungan sekolah.

Kegiatan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan asri, tercermin dalam program Sekolah Hijau yang terus digiatkan di SMP Negeri 2 Sleman. Program itu mengajak setiap siswa untuk membawa satu pohon yang ditanam di sekolah, lalu berlanjut di rumah dan lingkungan sekitar.

Selamat Idulfitri 2024

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sleman Joko Sutikno mengatakan, siswa perlu disadarkan sejak dini bahwa mereka juga punya tanggung jawab terhadap lingkungan hidup di mana mereka tinggal. Penyadaran perlu terus dilakukan lewat pelajaran tentang lingkungan, diskusi, dan pemutaran film mengenai ancaman lingkungan hidup sekarang ini.

Baca juga:  Bantul Krisis Peternak Ayam Potong, Pasokan Didatangkan dari Luar Daerah

“Yang tidak kalah penting, juga mengajak mereka terjun langsung untuk melakukan penghijauan dan pembersihan lingkungan. Awalnya di sekolah, dan tentu diharapkan bisa menjadi keseharian hidup mereka di mana pun,” katanya, Selasa (5/3/24).

Penghijauan sangat penting untuk mengurangi peristiwa global warming. Selain menyejukkan udara di sekitarnya, dapat pula memperindah pemandangan.

“Penghijauan ini, tidak hanya menanam pohon saja. Dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah, serta membuang sampah pada tempatnya. Salah satu cara kecil yang dilakukan adalah menyediakan tong sampah di setiap ruangan kelas dan lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Baca juga:  Pemkab Sleman Gandeng F-KAMY Berantas Miras Ilegal dan Oplosan

Tujuan penghijauan adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, untuk meningkatkan daerah yang asri, serasi, lestari serta untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Sedang manfaat penghijauan di antaranya mengurangi polusi, mengurangi debu, pendidikan lingkungan di sekolah, dan menjadikan lingkungan sekolah asri.

“Karena, tanaman sebagai penghasil oksigen, lingkungan sekolah menjadi lebih sejuk. Selain itu, juga menambah persediaan air bagi komponen abiotik. Penghijauan bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya, membawa bunga dari rumah dan meletakannya di depan kelas,” terangnya.

Adanya program itu, siswa bisa berlatih untuk belajar bertanggung jawab. Salah satunya dengan merawat tanaman yang sudah dibawanya. “Adanya tanaman hijau akan berdampak kepada warga sekolah. Karena akan memberikan kenyamanan ketika proses belajar mengajar sedang berjalan,” tandasnya. (bam/abd)