Stok LPG Jelang Ramadan Dipastikan Aman

Sekretaris DKUKMPP Bantul Husin Bahri
Sekretaris DKUKMPP Bantul Husin Bahri. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul memastikan stok LPG menjelang bulan Ramadan aman. Pihaknya menyebut, untuk ketersediaan LPG saat ini secara umum cenderung stabil.

Sekretaris DKUKMPP Bantul Husin Bahri menjelaskan, pihaknya selalu mengupayakan agar ketersediaan LPG menjelang dan saat menghadapi bulan Ramadan tetap tersedia dan stabil. Hal itu dilakukan agar memberikan jaminan kepada masyarakat terkait dengan kebutuhan LPG.

Selamat Idulfitri 2024

“Untuk sekarang ini, kondisi ketersediaan LPG kami pastikan aman. Karena kuota untuk Bantul itu sudah diperhitungkan, bahkan untuk hari libur besar dan sebagainya yang kecenderungan tingkat penggunaannya tinggi,” jelasnya.

Baca juga:  Modus Cari Tempat Laundry, Wanita Ini Curi Rp81 Juta

Menurutnya, dikarenakan ketersediaan mencukupi dan dalam keadaan stabil, maka tidak akan ada kebijakan khusus untuk penambahan pasokan. Kebijakan semacam ini hanya dilakukan jika ditemui situasi peningkatan gejolak harga yang tinggi dengan ketersediaan yang rendah atau tidak mencukupi.

“Tapi jika kondisinya stabil, maka hal itu tidak akan kita lakukan. Sehingga kita menyesuaikan dengan kuota atau alokasi yang sudah dirancang selama satu tahun ini,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menjelang atau saat memasuki bulan puasa hingga lebaran, ketersediaan LPG justru tidak menemui kendala. Sebaliknya, terjadinya peningkatan penggunaan LPG itu diperkirakan terjadi pada saat liburan di bulan Juni hingga Juli.

Baca juga:  1.258 Calon Jemaah Haji Sleman Dibekali Manasik

“Biasanya, penggunaan LPG itu cenderung tinggi ketika bulan Juni hingga Juli, pada saat memasuki musim liburan. Karena apa, pada dua bulan itu kondisi perekonomian meningkat, misalnya usaha-usaha kuliner dan sebagainya akan lebih masif menggunakan gas LPG,” pungkasnya. (nik/abd)