Pendaftaran Duta Bahasa Jateng 2024 Dibuka, Catat Waktunya

KOMPAK: Para peserta Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah saat foto bersama, tahun lalu. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kembali menyelenggarakan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Pildubas Jateng) tahun 2024. Ajang ini resmi dibuka sejak 16 Maret hingga 31 Maret 2024 mendatang.

Ketua Ikatan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Zaki Adi Saputra mengatakan bahwa ajang Pildubas Jateng merupakan ajang pemilihan generasi muda yang berperan sebagai mitra Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan semangat literasi kebahasaan dan kesastraan. Selain itu, duta bahasa diharapkan dapat mengampanyekan Tri Gatra Bangun Bahasa: utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

Selamat Idulfitri 2024

“Ajang tahunan ini memiliki persyaratan, antara lain, WNI ber-KTP Jawa Tengah dengan rentang usia 18 hingga 25 tahun pada 1 Agustus 2024. Adapun rangkaian kegiatan meliputi seleksi administrasi, wawancara, pembekalan dan karantina finalis, serta final raya,” ujar Zaki kepada Joglo Jateng, Selasa (19/3/24).

Baca juga:  Disnakertrans Jateng Tegaskan THR Kurir dan Driver Ojol Sifatnya Imbauan

Zaki menjelaskan bahwa serangkaian kegiatan Pildubas Jateng akan dilaksanakan, baik secara luring maupun daring. Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan ajang tahunan yang dapat mencetak generasi muda yang mahir berbahasa.

“Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kemendikbudristek. Ajang ini bertujuan mencetak generasi muda yang mahir berbahasa,” terangnya.

Zaki menambahkan bahwa kesempatan ini terbuka lebar bagi muda-mudi Jawa Tengah yang memiliki tekad untuk berperan aktif dalam pemartabatan dan pengutamaan bahasa Indonesia. “Peminat dapat melihat di akun Instagram @dutabahasa_jateng atau dapat pula menghubungi narahubung di +62 852-2561-3446 (Octalia Heri),” tutupnya.

Baca juga:  Sekda Kota Semarang: 1,6 Juta Penduduk Wajib Miliki Kesadaran Lingkungan

Untuk informasi lebih lanjut, tautan formulir pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan https://bit.ly/Formulir-Pendaftaran-Pildubas-Jateng-2024, tautan berkas pendaftaran terdapat dalam https://bit.ly/PD-PildubasJateng2024, dan tautan ketentuan pembuatan video dapat dibuka di https://bit.ly/Ketentuan-Video-Perkenalan. (luk/gih)