Kudus  

RSI Sunan Kudus Segera Realisasikan Layanan Ortotik Prostetik

LAYANI: Nampak petugas kesehatan sedang menangani pasien di IGD RSI Sunan Kudus, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Rumah Sakit Islam (RSI) Sunan Kudus bakal merealisasikan Layanan Ortotik Prostetik pengganti bagian tubuh ditahun ini. Layanan itu sebagai bentuk inovasi dalam menjawab problematika kesehatan yang ada dan menjadi salah satu program unggulan.

Manager Rawat Jalan RSI Sunan Kudus, Chusnul Mubarok mengatakan, dalam rehabilitasi medik tersebut pihaknya juga ingin mengembangkan program yang sudah ada. Seperti, pengembangan jumlah kapasitas tempat tidur.

Selamat Idulfitri 2024

“Pengembangan tempat tidur bagi pasien di IGD akan ditambah lagi menjadi kapasitas 27 dan diberi speeling 3. Sehingga totalnya 30. Selain itu, sudah ada isolasi, pelayanan obstetri neonatal emergensi komperhensif (ponek) dan nonponek.

Baca juga:  Wujud Peduli, Prodi PGSD UMK Bagikan Baksos

Hal tersebut karena outbrik ini bisa lebih dari 35 tempat tidur. Sementara untuk pelayanan fast track di IGD, sebagai pelayanan kecelakaan kerja ke pasien. Itu juga sudah terdaftar Penanggung jawab Kecelakaan Keselamatan Kerja (PJKKK). Rumah sakitnya juga sudah terdaftar di kementerian.

“Kami sudah menyiapkan bengkelnya dan tenaga kerja juga sudah siap. Kami tinggal nunggu eksekusinya saja di tahun ini,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Menurutnya, layanan itu bisa diberikan dalam hal pembuatan alat bantu kesehatan yang berfungsi untuk membantu atau menggantikan peran bagian tubuh yang membutuhkan. Layanan itu mampu memberikan berbagai bentuk fasilitas. Diantaranya, kaki palsu, tangan palsu, jari palsu, dan alat-alat bantu lainnya.

Baca juga:  Antisipasi Kerawanan, Bawaslu Kudus Gelar Koordinasi dengan Parpol

“Mengenai itu catatan Instalasi Rehabilitasi Medis juga menunjukkan banyaknya permintaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut akibat kasus-kasus yang ada. Oleh karenanya setelah melakukan persiapan yang cukup, dia berharap tahun ini bisa terealisasi,” terangnya.

Pihaknya berkomitmen dan memastikan layanan unggulan terbaru itu mampu diakses secara mudah oleh masyarakat umum. Bahkan, bekerja sama dengan Jasa Raharja, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Semoga pelayanan disini semakin lengkap dan bisa menyelesaikan permasalahan tanpa merujuk ke rumah sakit lain,” pungkasnya. (cr3/fat)