Dispertan Pemalang Siapkan Ratusan Paket Sembako Pangan Murah

RAMAI: Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat meninjau pelaksanaan pangan murah di salah satu stand di pasar murah desa, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dinas Petanian (Dispertan) Kabupaten Pemalang kembali menggelar gerakan pangan murah, dengan menyediakan ratusan paket sembako di halaman Dispertan, Senin (1/4/24). Ini dilakukan kesekian kalinya untuk menghadapi kemungkinan inflasi jelang hari raya Idul Fitri.

Kepala Dispertan Pemalang Prayitno menuturkan, telah sering mengadakan lapak pangan murah di halaman dinasnya. Kemudian, kali ini menggandeng Badan Pangan Nasional, serta Bulog, menyediakan ratusan paket sembako murah dan bahan pangan lainnya, dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Selamat Idulfitri 2024

“Kita sudah sering mengadakan acara ini di dinas, biasanya setiap Jumat gelar lapak pangan murah. Dari puasa pekan pertama menyediakan 200 paket, pekan kedua 300 paket dan kali ini dengan Badan Pangan Nasional,” ucapnya.

Baca juga:  Pemalang Menuju Masa Depan MULYA: Maju, Unggul, Lestari, dan Berbudaya

Sementara itu, Sekretaris Dispertan Pemalang Akhmad Helmi menjelaskan, paket yang dijual dalam pangan murah yaitu 200 paket beras, gula, minyak, dengan harga Rp 85 ribu per paket. Kemudian, 100 kilogram telur ayam, 50 kilogram bawang merah, 20 pack telur asin dan aneka frozen food. Seluruhnya harganya murah di bawah HET.

Pihaknya mengharapkan, masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga menjelang hari raya Idul Fitri. Selain itu, warga diimbau tidak melakukan pembelian secara berlebihan, agar semua orang mendapatkan bakepok dan tidak terjadi kelangkaan pangan.

Baca juga:  Petani Pemalang Harap Harga Gabah Tetap Tinggi Jelang Panen Raya

“Pasti jelang hari raya bakepok banyak yang naik, jadi pasti membantu masyarakat walaupun kita batasi pembeliannya agar merata. Mudah-mudahan tidak terjadi inflasi yang berlebihan dan kepanikan pembelian,” paparnya.(fan/sam)