DPRD Siapkan Dana Cadangan Rp 200 M untuk Pilgub Jateng

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dana cadangan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah telah dipersiapkan oleh DPRD Provinsi Jateng. Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono menyebut dana itu untuk membiayai kebutuhan Pilgub yang akan berlangsung Rabu, 27 November 2024 mendatang.

“DPRD Provinsi Jateng akan terus membuat agar Pilkada di Jateng lancar ya. Salah satunya kemarin kita sudah menyiapkan dana cadangan untuk membiayai kebutuhan Pilgub serentak,” ujar Wawan saat ditemui di Kantor DPRD Provinsi Jateng, belum lama ini.

Selamat Idulfitri 2024

Menurutnya, DPRD Provinsi Jateng telah mempersiapkan hal itu. Adapun dana tersebut telah siap dari Perda Dana Cadangan Pilgub 2024 yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Disnakertrans Jateng Imbau Perusahaan Segera Bayar THR

“Perda Dana Cadangan kita sudah selesai. Kita sudah aman secara anggarannya, kita terus komunikasi juga dengan Forkopimda yang lain. Sehingga nanti pelaksanaan Pilkada di Jateng bisa berjalan sebaik mungkin,” sambung Wawan.

Lebih lanjut, perihal dana hibah yang juga tersalur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota se-Jateng, Wawan meminta agar hal itu turut dicermati.

“Secara teknis akan diawali oleh KPU Provinsi Jateng bersama KPU kabupaten/kota. Kita berharap masing-masing KPU kabupaten/kota juga mengecek agar nanti hibah Pemda kabupaten/kota ke Bawaslu maupun KPU juga harus selesai,” terang Wawan.

Sebagai badan pengawas, Wawan juga memastikan Pemprov Jateng telah menyelesaikan penyaluran dana hibah tersebut. Disinggung terkait calon yang diusung oleh masing-masing partai politik, Wawan memberikan respons singkat. “Untuk partai kita serahkan ke masing masing partai politik ya,” jawabnya singkat.

Baca juga:  BNPB Sebut Kebutuhan Warga yang Mengungsi Sudah Terpenuhi

Wawan menuturkan, dana cadangan untuk jalannya Pilgub Jateng berkisar Rp 200 Miliar. Ia pun memastikan uang itu sudah aman di bawah naungan Perda Dana Cadangan Pilgub 2024.

“Sudah anggarannya, dana cadangan sudah aman ya. Kita sudah ada Perda untuk cadangan dana Pilgub, kurang lebih Rp 200 Miliar kita sisihkan untuk dana cadangan Pilgub. Hari ini sudah ready dan Insyallah siap, sudah diputuskan di APBD kemarin,” tandas Wawan.

Diberitakan sebelumnya, KPU Provinsi Jawa Tengah menyiapkan anggaran senilai Rp 2.182.103.731.000 untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang. Komisioner KPU Jawa Tengah, Basmar Perianto Amron, mengatakan, dana tersebut bersumber dari hibah pemerintah daerah untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) serta Pemilihan Bupati/Wali Kota (Pilbup/Pilwakot).

Baca juga:  DPRD Jateng Ajak Generasi Muda Tingkatkan Pengetahuan & Kapasitas Politik

Basmar menyebut, untuk penyelenggaran Pilgub Jateng sendiri total anggarannya mencapai Rp791.608.630.000. Sementara untuk Pilbup/Pilwakot masing-masing daerah nilainya bervariasi.

“Anggaran Rp791.608.630.000 untuk KPU Provinsi Jateng hibah dari Pemprov. Sementara untuk kabupaten/kota di Jateng termasuk KPU Jateng total anggaran Rp2.182.103.731.000,” ujar Basmar usai Rakor Persiapan Pilkada di Jateng yang berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa, (26/3/2024) lalu. (luk/gih)