DPRD Pemalang Pantau Pelaksanaan UHC di RSUD Dr. M. Ashari

TINJAU: Ketua Komisi D DPRD Pemalang Nuryani saat berbincang dengan masyarakat, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang menyambangi beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) terutama rumah sakit, untuk mengecek pelaksanaan program Universal Health Coverage (UHC) atau pengobatan gratis bagi seluruh masyarakat Pemalang. Dinilai seluruh faskes telah melaksanakan dengan baik dan harapannya dapat terus dilaksanakan.

Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat Nuryani mengatakan, kunjungannya di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang, untuk yang kesekian kalinya. Di mana melihat para nakes sangat cekatan melayani masyarakat yang membutuhkan pengobatan, terutama sejak adanya program UHC Pemalang.

Baca juga:  Warga Keluhkan Sampah TPST Pelutan Tutup Akses Jalan

“Ini jadi salah satu tugas kami wakil rakyat untuk meninjau kinerja para ASN. Khusus sekarang tinjauan dilakukan di RSUD terutama pelaksanaan program UHC,” terangnya.

Pihaknya berbincang dengan masyarakat penerima manfaat program ini, mereka menuturkan adanya UHC sangat membantu keringanan biaya, terutama warga tingkat bawah. Sebab, sebelumnya mendapatkan pengobatan gratis pengurusannya cukup sulit dan bertele-tele kini lebih mudah.

Lebih lanjut, Nuryani menyarankan agar informasi tata cara penggunaan UHC lebih terbuka di masyarakat. Karena mendapati beberapa pasien yang terpaksa bolak-balik mengurus UHC akibat hanya membawa KTP dan seharusnya dilengkapi dengan KK.

Baca juga:  Tanamkan Moderasi Beragama di Lingkup Pejabat

“Tolong penyebaran informasi tata cara penggunaan UHC lebih masif dilakukan, dari tingkat puskesmas bisa mengumumkan, harus membawa dua persyaratan yaitu KTP dan KK. Jadi masyarakat tidak bolak-balik serta cepat dalam penanganannya,” pungkasnya.(fan/sam)