UMKM  

Jatuh Bangun Berbisnis, Pria Ini Sukses Ekspor Tas Anyaman Plastik ke Luar Negeri!

UNIK: Syahrial Anam menunjukkan tas anyaman yang diproduksi Syam's Indonesian Handicraft, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

KESUKSESAN memang datang tidak tiba-tiba. Lihat saja Syahrial Anam. Owner Syam’s Indonesian Handicraft ini awalnya jatuh bangun dalam membangun usahanya.

Hingga akhirnya pria yang akrab disapa Syam’s itu sukses membangun usaha kerajinan tas anyaman plastik. Bahkan produk kerajinan yang dirinya buat itu kini sudah dijual ke beberapa negara.

Syam’s bercerita, usaha ini dijalankan dengan jatuh bangun. Dulunya ia berganti-ganti menjalankan bidang usaha. Lantaran tidak membuahkan hasil yang baik, ia pun mencari usaha lainnya hingga menemukan bisnis tas anyaman.

“Dari awal saya memang suka usaha. Berbagai bisnis tapi ada halangan. Kita coba baru lagi hingga ketemu anyaman ini,” kata dia, belum lama ini.

Baca juga:  Racik 3 Varian Rasa Sambal Favorit Orang Terdekat

Usaha yang ia rintis tahun 2019 telah dikenal luas. Tidak hanya di daerah maupun nasional, tapi tas anyaman produksinya diekspor ke berbagai negara. Mulai ke Jepang, Inggris, Australia, Amerika, Belanda, Singapura, Rusia, hingga China.

“Pemasaran kami dari Kabupaten Pati sendiri hingga luar negeri. Kami mencari buyer di luar negeri dan Alhamdulillah kami sudah mendapatkan. Kami ingin merambah ke seluruh dunia,” ujarnya.

Setiap bulannya ada sekitar 5 hingga 10 ribu tas anyaman plastik yang diproduksi. Ribuan itu diproduksi dengan memberdayakan ratusan ibu rumah tangga di wilayah Pati. Mulai dari warga Kecamatan Pucakwangi, Winong, Jaken, dan Jakenan.

Baca juga:  Racik 3 Varian Rasa Sambal Favorit Orang Terdekat

“Saya memang ingin memberdayakan orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. Di tempat marketing ada 8 orang. Kalau yang membuat anyaman dari rumah ada 350 orang,” pungkasnya. (lut/adf)