KPU Kota Semarang Buka Pendaftaran PPK & PPS untuk Pilkada, Ini Caranya

KONFERENSI PERS: Ketua KPU Kota Semarang Henry Cassandra Goeltom saat menyosialisasikan pendaftaran PPK dan PPS untuk penyelenggaraan Pilkada ke awak media di Kantor KPU Kota Semarang, belum lama ini. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang membuka kembali pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Warga yang memenuhi syarat bisa melakukan pendaftaran secara online melalui website siakba.kpu.go.id.

“Memang sekarang bagi yang mau ikut daftar di KPU harus punya akun di siakba.kpu.go.id  untuk mengunggah berkas. Baru (setelah, Red.) berkas lolos secara administrasi, dilanjut seleksi tertulis,” ucap Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Semarang, Novi Maria Ulfah saat ditemui Joglo Jateng, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menerangkan, calon peserta PPK maupun PPS wajib mengikuti seleksi tertulis berbasis komputer atau CAT. Disusul tes wawancara, yang apabila sudah lolos maka akan dilantik sebagai petugas.

Baca juga:  Cegah Rob, KKP Bangun Area Konservasi di Morodemak

“Pelantikan petugas seperti PPK, PPS, Pantarlih, itu juga masuk dalam badan Ad Hoc. Terakhir KPPS tapi itu masih jauh. Kemudian seminggu setelah pelantikan PPK maupun PPS kita harus meng-SK-kan sekretariatnya di tingkat kecamatan dan kelurahan,” jelasnya.

Novi menambahkan, sosialisasi proses rekrutmen akan dilakukan mulai 27 April 2024 mendatang. Bersamaan dengan launching tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di tingkat provinsi.

Sementara itu, hingga saat ini, ia mengaku masih belum mengetahui tahapan Pilwakot 2024. Meski begitu, pihaknya masih mempersiapkan jingle dan maskot sebagai pelengkap.

Baca juga:  Pengedaran Ganja 6 Kg Berhasil Digagalkan

“Kalau sudah fix baru kita rapatkan untuk pelaksanaan launching-nya,” imbuh Novi.

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini menyampaikan sejak kemarin sudah ada tahapan penyerahan data dari Kemendagri ke KPU RI. Selanjutnya, pada tanggal 21 Mei mendatang data tersebut akan diserahkan ke KPU kota/kabupaten masing-masing untuk dilakukan pemutakhiran dan penelitian data yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Kemudian penetapan DPT. Tentu kami siap melaksanakan kegiatan pemilu dengan tahapan kami yang sudah terprogram dan terencana,” terangnya.

Baca juga:  Musrenbang Provinsi Jateng Wujudkan Perekonomian Berdaya Saing & Berkelanjutan

Dirinya berharap, dengan adanya informasi ini, hal-hal yang tidak diinginkan tidak terulang kembali seperti pada proses sebelum pemilu. Seperti contohnya, masyarakat yang terlambat mengurus DPT.

Di sisi lain, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom menjelaskan bagi yang sebelumnya sudah menjadi bagian dari badan Ad Hoc, bisa mengajukan kembali. Untuk kuota PPS dan PPK sama seperti pemilu kemarin.

“32.522 petugas pemungutan suara (PPS), dan 80 PPK. Dimulai rekrutmen awal dan mempertimbangkan dari catatan pemilu kemarin,” ungkapnya. (int/adf)