Dieng Culture Festival Kembali Digelar Agustus 2024

PROSESI: Salah seorang anak berambut gimbal, Dinda Syifa Ramadani (4) saat mengikuti ruwatan massal dalam pergelaran DCF X, di Kompleks Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, beberapa waktu lalu. (ANTARA/JOGLO JATENG)

BANJARNEGARA, Joglo Jateng – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa segera menyiapkan penyelenggaraan Dieng Culture Festival (DCF) XIV Tahun 2024 di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Hal itu diungkapkan Kepala Dinparbud Banjarnegara Tursiman, belum lama ini.

“Ini (penyelenggaraan DCF, red) sebentar lagi, nanti kami akan diundang secara resmi oleh panitia. Kami dari pemerintah daerah sifatnya back up, panitia yang akan melaksanakan dari Pokdarwis Dieng Pandawa,” katanya.

Ia memastikan, proyek penataan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng dapat selesai sesuai target pada Juli mendatang, sehingga DCF XIV dapat terlaksana. Karena agenda wisata tahunan ini sempat vakum pada 2023 seiring dengan adanya kegiatan proyek tersebut.

Menurut dia, pergelaran DCF telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat secara umum, dan panitia pun sudah ingin menyelenggarakannya kembali. “Apalagi pergelaran DCF ini menjadi agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, sehingga diharapkan dapat terlaksana,” terangnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Faozi mengatakan pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan jadwal penyelenggaraan DCF XIV. Kendati demikian, dia mengakui jika pihaknya sempat merencanakan DCF XIV akan digelar pada 23-25 Agustus 2024.

“Tetapi tergantung situasi dan kondisi juga. Apakah nanti diundur atau tidak, akan kami analisis dulu, karena kami sebenarnya melihat juga proses pembangunan (penataan Dieng, Red.) selesai tepat waktu apa enggak,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi lebih dahulu dengan Dinparbud Banjarnegara dan pelaksana pembangunan di Dieng untuk memastikan kapan selesainya proyek tersebut. Pihaknya akan segera membuat jadwal penyelenggaraan DCF XIV yang pasti jika mendapat kepastian proyek tersebut sudah selesai pada bulan Agustus 2024.

Akan tetapi jika proyek tersebut belum selesai pada Agustus, penyelenggaraan DCF XIV diundur dari tanggal yang direncanakan sebelumnya. Dia mengakui dalam beberapa waktu terakhir di berbagai media sosial banyak beredar informasi mengenai jadwal pelaksanaan DCF XIV, bahkan informasi tersebut juga diberitakan oleh beberapa media daring. (ara/abd)