Gandeng 18 Mitra Industri, SMK Wisudha Karya Luluskan Ratusan Siswa Siap Berkarir

SERAHKAN : Kepala Sekolah SMK Wisudha Karya, Fakhrudin secara simbolis memwisuda siswa-siswi SMK peserta didik dari kelas 12 dan kelas 13, belum lama ini. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – SMK Wisudha Karya (Wiskar) Kudus semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Salah satunya dengan mencetak kader kompeten melalui lulusan 577 peserta didik dari kelas 12 dan kelas 13 baik program tiga tahun dan empat tahun.

Ratusan siswa-siswi ini berasal dari enam jurusan yaitu Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Ketenagalistrikan, Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga serta angkatan terakhir Mekatronika.

Menurut keterangan Kepala Sekolah SMK Wiskar, Fakhrudin, setiap tahunnya SMK meluluskan generasi siap berkarir di berbagai bidang. Tercatat, pada 2024 ini 152 siswa sudah diterima bekerja di perusahaan, 37 tahap seleksi, 18 siswa mengikuti magang di Jepang serta 38 berproses pada kedinasan TNI Polri.

Baca juga:  Bakesbangpol Kudus Perketat Seleksi Calon Paskibraka

“Sementara tahun ini meluluskan 55 siswa pelayaran. Dengan 48 siswa melanjutkan praktik pra pelayaran (prala) dengan berlayar keliling Asia selama setahun penuh di atas kapal niaga. Dan sisanya melanjutkan studi,” jelasnya kepada Joglo Jateng usai prosesi Wisuda siswa-siswi SMK Wiskar, pada Jumat, (10/05/2024)

Ia menambahkan, SMK Wiskar berusaha melakukan pendampingan dan menjembatani siswa yang ingin melanjutkan studi ataupun berkarir. Saat inipun pihaknya menggandeng 18 mitra industri.

“Pilihan untuk sekolah di SMK rata-rata harapannya lulus langsung bekerja. Sehingga semaksimal mungkin sebelum mereka lulus kami hantarkan dan menjembatani dengan para mitra industri. Agar mereka ketika lulus tidak mencari sendiri,” imbuhnya.

Ia optimis kualitas lulusan perdana SMK Wisudha Karya memiliki daya serap yang tinggi dan dibutuhkan di berbagai industri termasuk perusahaan pelayaran niaga. Baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca juga:  Siswa SMA 1 Kudus Unjuk Bakat Rebut Gelar Kartini Kartono

“Dengan kompetensi yang mereka miliki para lulusan SMK Wisudha Karya memiliki daya saing yang sangat tinggi untuk berkiprah di industri, tidak hanya di Indonesia, namun juga secara global,” ujarnya.

Sementara itu, Salah satu siswa lulusan SMK Wiskar Jurusan Elektronika, Muhammad Akhdarul Akmal, mengaku telah diterima di Grand Indonesia sebagai engineer. Setelah sebelumnya ia mengikuti rekrutmen magang enam bulan.

“Dari 10 siswa yang mengikuti magang di Grand Indonesia, 3 siswa terpilih untuk bekerja. Salah satunya saya,” ungkapnya.

Ia mengaku bangga dan senang bisa diterima perusahaan pusat. Melalui hal tersebut, ia bisa mencari pengalaman sebanyak mungkin.

Baca juga:  Wujudkan Keamanan Daerah Melalui Doa Bersama

“Dan saya rasa perjuangan selama belajar di SMK Wiskar membuahkan hasil. Saya berpesan agar teman-teman lain bisa memanfatakan waktu di masa belajar di sekolah,” pesannya.

Hal sama diungkapkan, Orang Tua Siswa, Agus Muntarom mengaku ikut senang jika apa yang dicita-citakan sang anak bisa terwujud. Ia juga selalu mendukung dan mendoakan agar siswa yang lulus tak hanya fokus pada karir tetapi juga terus menuntut ilmu.

“SMK Wiskar ini luar biasa beda dari yang lain. Secara kejuruan mereka mengawal siswanya secara serius. Tidak setengah setengah sampai bisa terwujud cita citanya,” ujarnya. (cr1)