Opini  

Apa Manfaat Rekam Medis Elektronik bagi Masyarakat?

Puput Sugiarto, A.Md, SKM

Oleh: Puput Sugiarto, A.Md, SKM
Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro
Staf Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang

 
PERNAHKAH Anda berobat ke rumah sakit, Puskesmas, atau dokter klinik? Jika iya, pasti Anda sudah familiar dengan map yang berisi kertas-kertas yang di bawa oleh petugas kesehatan selama Anda berobat. Nah, kertas itu digunakan untuk mencatat semua data selama Anda berobat. Tahukah kertas yang dimaksud itu apa? Ya, kertas yang dimaksud adalah rekam medis. Rekam medis merupakan dokumen yang berisi data identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, banyak sekali inovasi-iovasi yang bermunculan di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Salah satu inovasi yang muncul adalah rekam medis telah berkembang menjadi rekam medis elektronik (RME). Yaitu rekam medis yang dibuat dengan menggunakan sistem elektronik yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan rekam medis.

Baca juga:  Menuju Langit Sehat Semarang: Transportasi Ramah Lingkungan demi Terwujudnya SDG’s No. 11

Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia saat ini telah bersiap dalam mengimplementasikan rekam medis elektronik. Manfaat yang didapatkan oleh masyarakat khususnya pasien dengan adanya rekam medis elektronik di antaranya sebagai berikut.

1) Meningkatkan aksesibilitas. Dengan kita menyimpan data medis pasien secara digital, maka informasi kesehatan pasien dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat dari mana saja dan kapan saja melalui jaringan internet.

2) Meningkatkan kualitas koordinasi dalam perawatan. Dengan adanya RME, informasi kesehatan pasien disimpan secara terpusat dan dapat diakses oleh berbagai penyedia layanan kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien. Hal ini bermanfaat untuk memfasilitasi koordinasi perawatan yang lebih baik antara dokter, perawat, penunjang medis, serta penyedia layanan kesehatan lainnya.

3) Meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi pelayanan kesehatan. Proses administrasi dan manajemen data kesehatan akan menjadi lebih efisien dengan adanya RME. Semua data kesehatan tersimpan secara terpusat dan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Baca juga:  Cinta Tanah Air: Bukan hanya Sebuah Perasaan, tetapi juga Tindakan

4) Meningkatkan keselamatan pasien. Dengan adanya catatan medis yang terdokumentasikan dengan baik dan mudah untuk diakses, maka risiko kesalahan medis dapat diminimalkan. Tenaga kesehatan memiliki akses cepat terhadap informasi tentang kondisi medis pasien serta riwayat pengobatan dan alergi.

5) Meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian. Data kesehatan pasien yang tersimpan dalam RME dapat dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan dan penelitian. Data-data kesehatan secara elektronik dapat memudahkan proses pengolahan data, sehingga hasil penelitian akan lebih berkualitas. Data-data kesehatan yang tersimpan dalam RME juga bermanfaat dalam menghasilkan informasi kesehatan yang bermanfaat untuk keperluan pendidikan calon tenaga kesehatan.

6) Pasien dapat mengetahui riwayat kesehatannya dengan mudah. Dengan adanya RME, maka data pasien tersimpan secara elektronik dan pasien akan dapat melihat riwayat kesehatannya secara langsung melalui aplikasi Satu Sehat yang dapat diakses melalui smartphone masing-masing pasien. Dengan mudahnya mengkases riwayat kesehatan, diharapkan masyarakat akan lebih peduli akan kesehatannya.

Baca juga:  Aktualisasi Nilai Pancasila pada Gen-Z di Era Globalisasi

7) Pertukaran informasi kesehatan antar fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) lebih mudah. Dampak positif RME juga mampu mengintegrasikan informasi kesehatan pasien antarfasilitas pelayanan kesehatan. Sehingga jika pasien berobat ke fasyankes yang lain, maka data kesehatannya dapat dilihat di fasyankes yang berbeda.

8) Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Salah satu bagian dari RME adalah pendaftaran pasien secara online. Dengan pendaftaran online, pasien akan lebih mudah untuk mendaftar ke fasilitas pelayanan kesehatan tanpa antrean panjang dan pelayanan menjadi lebih cepat.

Saat ini pemerintah terus-menerus memfasilitasi seluruh fasyankes agar dapat mengimplementasikan RME dengan baik. Dengan adanya RME ini diharapkan masyarakat dapat memantau riwayat kesehatannya masing-masing guna meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik. (*)