Libur Produktif, Kreasi Literasi Anak Digelar

FOKUS: Peserta saat membuat batik dalam kegiatan Kreasi Literasi Anak di halaman DPK Kota Yogyakarta, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta menggelar Kreasi Literasi Anak bersama Perpustakaan Kota di halaman Dinas Perpustakaan 3-4 Juli. Kegiatan itu dilakukan untuk mengisi libur sekolah dengan produktif, di mana 50 siswa SD dan SMP turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha menjelaskan, program Liburan di Perpustakaan Kota merupakan agenda tahunan. Hal ini merupakan salah satu bentuk layanan kepada anak-anak di Kota Yogyakarta.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap anak-anak bisa produktif di masa libur sekolah, serta memacu potensi dan minat anak ke depan lewat beragam kegiatan kreasi dan bentuk permainan yang dilakukan,” ungkapnya, Kamis (4/7/24).

Baca juga:  Gugah Jiwa Kebudayaan lewat Gelaran Tembang Macapat

Menurutnya, saat ini tidak sedikit anak-anak yang menghabiskan waktu luangnya dengan bermain gawai. Untuk itu, program Liburan di Perpustakaan Kota menawarkan kegiatan yang membawa anak pada aktivitas luar ruang dan interaksi langsung dengan teman sebaya. Di antaranya melalui kreasi batik dan ragam kerajinan.

Kegiatan ini dimaksudkan agar anak-anak bisa melepas gawai dan kembali melakukan aktivitas serta interaksi secara langsung dengan teman-teman baru. “Jadi anak-anak juga bisa lebih dekat dengan perpustakaan, yang selama ini kesannya hanya tempat untuk membaca. Kami hadir untuk menawarkan ragam aktivitas yang edukatif dan rekreatif,” ujarnya.

Baca juga:  Tuai Penolakan, Pembangunan TPSS Srimulyo Dirembuk Ulang

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPK Gatot Sudarmono mengatakan, saat liburan sekolah, perpustakaan kota memiliki suatu aktivitas yang edukatif dan kreatif untuk menunjang potensi yang dimiliki siswa-siswi, baik di kelas maupun dalam kegiatan lainnya.

“Anak-anak yang hari ini ikut kegiatan Liburan di Perpustakaan Kota artinya punya kemauan untuk mengisi masa liburannya dengan satu hal yang baru, dan menstimulus mereka untuk berkreasi serta berinteraksi juga berkomunikasi dengan teman baru dari sekolah lain,” tambahnya.

Di sisi lain, peserta kegiatan SMPN 11 Yogyakarta Aufa Zahara menceritakan alasannya mengikuti kegiatan Liburan di Perpustakaan Kota. “Ikut ini karena dikasih tahu orang tua, terus langsung daftar dan ikut buat dua hari ini. Kegiatan ini sanggat seru dan menyenangkan, bisa mengisi waktu libur sekolah di sini. Semoga kalau ada lagi yang ikutan lebih banyak, dari sekolah yang lebih beragam supaya banyak menambah teman baru,” ungkapnya. (riz/abd)