Jangan Ditahan, Ini 6 Manfaat Kentut yang Wajib Diketahui

Ilustrasi buang angin
Ilustrasi kentut / Wikipedia

LINGKARJATENG.COM – Kentut atau buang air besar merupakan aktivitas normal yang dialami manusia. Rata-Rata manusia akan kentut sebanyak 14-23 kali dalam sehari. Jumlah kentut dalam sehari ditentukan oleh makanan apa yang dikonsumsi dan pola hidup yang sedang dijalani.

Menahan kentut bisa berpengaruh kepada kondisi kesehatan Anda. Sebaiknya, jika Anda merasa ingin kentut maka lepaskan saja tidak perlu ditahan. Kalau memang kondisi yang tidak memugkinkan, maka carilah tempat untuk buang kentut.

Berikut enam manfaat kentut:

1. Pertanda bahwa makanan yang dikonsumsi sudah seimbang

Salah satu manfaat kentut adalah memberi tanda bahwa makanan yang Anda konsumsi sudah seimbang. Menu makanan yang bisa dikatakan seimbang meliputi makanan yang mengandung protein, rendah lemak, sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Baca juga:  Nakes Diminta Bijak Bersosial Media

Kendati demikian, dalam proses pencernaan makanan, berbagai macam makanan tersebut akan menghasilkan banyak gas sehingga Anda pun akan buang angin.

2. Mengurangi rasa sakit pada perut

Manfaat kentut selanjutnya adalah mengurangi rasa sakit pada perut. Ya, saat Anda makan, mengunyah, menelan, dan memproses makanan, seluruh kegiatan tersebut akan menghasilkan gas dalam saluran pencernaan.

Ketika banyak gas yang dihasilkan dan menumpuk, lama kelamaan Anda akan merasa tidak nyaman dan timbul rasa sakit. Ketika Anda buang angin, gas dalam saluran pencernaan akan dilepaskan sehingga mengurangi tekanan. Dengan demikian, rasa sakit pada perut bisa berkurang.

3. Mengatasi perut kembung

Saluran cerna yang sedang bermasalah seringkali menyebabkan perut kembung. Perut kembung dapat terjadi akibat udara yang terjebak dalam saluran pencernaan tidak bisa dikeluarkan dari tubuh.

Baca juga:  Nakes Diminta Bijak Bersosial Media

Jika terlalu banyak gas dalam saluran pencernaan maka perut terasa begah dan tidak nyaman. Dengan buang angin maka perut kembung dapat teratasi. Ini karena saat Anda kentut, udara yang terjebak dalam saluran pencernaan akan keluar dari tubuh.

4. Menjaga kesehatan usus besar

Saat berada di keramaian, terkadang Anda menahan kentut karena terlalu malu untuk melepaskannya. Padahal menyimpan gas dalam perut dalam waktu yang terlalu lama bisa mengiritasi usus besar.

Oleh sebab itu, biarkan saja kentut keluar dari tubuh agar kesehatan usus besar dapat selalu senantiasa terjaga.

5. Mendeteksi alergi makanan

Ketika Anda makan makanan yang memiliki alergi, tubuh akan memberikan tanda atau gejala untuk memberi tahu bahwa saluran pencernaan Anda sedang terganggu. Beberapa tanda atau gejala yang dimaksud, termasuk diare, mual, kembung, hingga kelebihan gas.

Baca juga:  Nakes Diminta Bijak Bersosial Media

Jika sering mengalami kelebihan gas setelah makan jenis makanan tertentu, tubuh Anda mungkin mencoba memberi sinyal bahwa makanan tersebut menyebabkan alergi atau intoleransi pada sistem pencernaan Anda.

6. Menandakan saluran pencernaan yang sehat

Saluran pencernaan yang sehat artinya dihuni oleh berbagai jenis bakteri baik yang lebih banyak. Bakteri-bakteri tersebut bekerja dengan memakan dan memecah makanan yang Anda konsumsi di dalam saluran pencernaan.

Kondisi saluran pencernaan yang sehat dan koloni bakteri yang berkembang akan menghasilkan lebih banyak gas.

Sumber: sehatq