Habib Luthfi Terima Gelar Doktor Honoris Causa

Habib Luthfi Bin Yahya
PRESTASI: Habib Luthfi Bin Yahya menerima anugerah gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (9/11). (SIGIT AF/ JOGLO JATENG)

Semarang, joglojateng.com – Ulama kharismatik Habib Luthfi Bin Yahya menerima anugerah gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (9/11). Dari pantauan di lokasi, beberapa pejabat mulai dari gubernur, menteri kabinet Indonesia Maju, hingga Presiden RI Joko Widodo hadir secara langsung maupun virtual.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu mendapat gelar kehormatan dalam pada program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana Unnes, di bidang Komunikas Dakwah dan Sejarah Kebangsaan. Dalam sambutannya, ulama asal Pekalongan ini mengaku berterimakasih atas gelar baru yang dia dapatkan.

Baca juga:  Solusi untuk Vita: Disdikbud Jateng Carikan Sekolah dan Upayakan Beasiswa

“Gelar ini merupakan kehormatan bagi saya, karena dari awal saya bertanya kepada Bapak Rektor Unnes dan beliau menyampaikan bahwa Unnes akan memberikan gelar Doktor Honoris Causa. Apakah saya pantas, jika pantas silahkan. Akan tetapi saya tidak tahu apa yang melatarbelakangi pemberian gelar ini. Semoga apa yang dilakukan Unnes mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT,” ujar dia salam pidato sambutannya.

Presiden RI Joko Widodo secara daring juga menyampaikan rasa kagum terhadap pencapaian Ketua Forum Sufi Internasional ini. Menurut Jokowi, Habib Lutfi merupakan sosok ulama yang dekat dengan rakyat dan selalu menjunjung tinggi nilai patriotisme dan nasionalisme.

Baca juga:  Baznas Komitmen Dorong Pengentasan Kemiskinan di Jateng

“Kita semua tahu Habib Lutfi adalah sosok ulama kharismatik yang konsisten membela negara. Ulama yang konsisten menyiarkan dakwah islam sekaligus menggelorakan cinta tanah air,” kata dia.

“Saya mengucapkan selamat atas penganugerahan gelar doktor honoris causa. Ini membuktikan kemampuan beliau sebagai ulama yang cinta tanah air,” imbuh presiden.

Rektor Universitas Negeri Semarang Fathur Rokhman mengaku tersanjung lantaran Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah mau menerima gelar dari universitasnya.

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami. Kami bersyukur beliau berkenan. Kami bangga dengan gelar yang dia dapatkan, karena sebenarjya keilmuannya melampaui itu. Tapi dia berkenan karena beliau ingin menginspirasi,” tutur dia.

Baca juga:  DPMPTSP Proyeksikan 25 Persen Industri di Jateng Manfaatkan Energi Terbarukan

Habib Lutfi sendiri, lanjut dia, merupakan penerima gelar Honoris Causa ke tujuh dari Unnes. “Ini ke tujuh karena sangat selektif. Pemberian gelar bagi Habib Lutfi  juga mengalami proses kajian yang cukup lama sejak tahun 2017,” katanya. (git/gih)