Panel Listrik Rusunawa Kaligawe Dilalap Jago Merah

TUNJUKKAN: Seorang warga, Muhdayat sedang memperlihatkan dampak kebakaran yang terjadi di Rusunawa Kaligawe Semarang, Senin (13/6). (DICKRI TIFANI BADI/ JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, dilalap jago merah, kemarin sekira pukul 10.00.  Kebakaran itu terjadi pada ruang panel listrik yang berdekatan dengan Rusunawa Blok E.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Trijoto menyampaikan, pihaknya mengerahkan 5 petugas dan satu armada untuk memadamkan api. Ia mengaku, pihaknya berhasil menjinakkan api sekitar pukul 11.00.

Selamat Idulfitri 2024

Trijoto menilai, penyebab kebakaran dikarenakan adanya korsleting listrik yang memicu percikan api di panel listrik itu. “Penyebabnya konsleting, lalu api timbul dan terjadilah kebakaran,” katanya.

Baca juga:  Dinkes Kota Semarang: 13 Titik Posko Kesehatan Beroperasi selama Masa Mudik

Ia mengatakan, saat itu pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat sekitar bahwa ada kebakaran yang terjadi di Rusunawa Kaligawe Blok E. “Begitu dapat laporan kami langsung ke sana,” ucapnya.

Menurutnya, tempat terjadi kebakaran ini terdapat barang-barang milik warga. Hal itu membuat para petugas Damkar merasa susah saat memadamkan api. Oleh sebab itu, pihaknya saat melakukan pemadaman api di Rusunawa Kaligawe ini harus mensterilkan barang-barang milik warga.

“Tadi langsung kami sterilkan. Barang-barang dikeluarkan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Muhdayat (51) merasa terkejut saat ada kepulan asap yang keluar dari panel listrik di Rusunawa Kaligawe, sekitar pukul 09.00.  “Kira-kira jam 9 atau setengah 10 pagi, dari ruang panel listrik,” terangnya.

Baca juga:  H+3 Lebaran, Nana Sudjana Sebut Perayaan Idulfitri di Jateng Berjalan dengan Baik

Sebelum terjadi kebakaran, kata dia, panel listrik sempat meledak serta timbul percikan api. Awalnya ada warga melihat ada asap yang timbul korsleting dari situ. Dari situ, warga langsung mencoba memadamkan api sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian.

Ia juga mengatakn, peristiwa kebakaran ini tidak sampai menjalar ke bangunan lainnya. Karena, ruangan panel ini terlindungi dari tembok dan besi. “Untungnya disekat oleh tembok,” ujarnya.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa saat insiden kebakaran ini. Namun, api menghanguskan instalasi ruang panel listrik. (dik/gih)