Figur  

Berbekal Jurusan Tata Boga, Octa Geluti Bisnis Kuliner Jajanan Pasar

Octa Viola Anggia Putri. (DOK. PRIBADI / JOGLO JATENG)

SEBAGAI lulusan SMK jurusan tata boga, Octa Viola Anggia Putri memiliki bekal berbisnis kuliner. Ia pun kemudian memilih memproduksi jajanan pasar dan menjualnya. Sedikit inovasi dan memberi kemasan yang apik, produknya cukup diminati pasar.

Alumni SMK N 1 Sayung mengatakan, usahanya mulai dirintis setelah Lebaran atau tepatnya pada 18 April 2022. Octa, sapaan akrabnya, memberanikan berwirausaha karena merasa sudah memiliki bekal ilmu tata boga ketika duduk di bangku SMK.

Selamat Idulfitri 2024

“Karena dulu saya lulusan tata boga, kemudian saya berinisiatif untuk merintis usaha kuliner,” ujarnya, belum lama ini.

Baca juga:  Gigih Berkompetisi, Rifkanisa Berhasil Sandang Gelar Mapresnas

Octa menjelaskan, jajanan pasar yang ia jual antara lain seperti kroket, bolu pandan, putu ayu serta jajanan pasar pada umumnya. Sedangkan, cara mempromosikannya, ia menggunakan akun media sosial miliknya.

“Itu sesuai request pelanggan. Untuk sekarang ini lewat media sosial WhatsApp dan Instagram,” ucapnya.

Octa mengaku, dalam sehari penjualannya mampu menghabiskan sekitar 300 sampai 500 pcs. “Alhamdulillah ramai reservasi khususnya di catering,” jelasnya.

Dengan melihat dagangannya begitu ramai, menurutnya hal itu karena harga yang ditawarkan kepada pembeli juga sangat terjangkau. “Harga mulai dari 1000-2000 per itemnya,” paparnya.

Baca juga:  Hobi Kuliner hingga Buat Konten Bantu UMKM

Saat ditanya berapa omzet setiap bulannya, Octa mengaku per bulan dia mampu mendapatkan sekitar 3 sampai 4 jutaan. Ia berharap, usahanya ini kedepan bisa dapat terkenal dan maju.

Octa menjelaskan, agar produk miliknya dipercaya sama pembeli, ia selalu memperhatikan detail produknya. Salah satunya terkait packing. “Ada, seperti jualan kue kering dengan packing toples,” imbuhnya. (dik/gih)