Cara Efektif Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris

Oleh: Sumiyatini, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Petarukan, Kabupaten Pemalang

UNTUK bisa berbahasa Inggris dengan baik dan lancar, banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah dengan penguasaan kosakata. Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata, pertama adalah memulai dengan mencari kosa kata bahasa Inggris. Pada awal pembelajaran, siswa akan menemukan banyak kata yang tidak diketahui. Motivasi siswa dengan membantu mengelompokkan kata dalam bahasa Inggris dengan memulai kelompok kata benda di kelas, di rumah atau di ruang-ruang dalam rumah. Setelah menemukan arti kata, siswa diminta mencatatnya. Untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris, penting untuk belajar dan memahami tata bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa yang kaya. Menghafal kata-kata bahasa Inggris bisa jadi sulit karena beragamnya kosakata dan konjugasi yang rumit, serta artinya yang dapat berbeda-beda.

Selamat Idulfitri 2024

Kemudian yang kedua adalah menggunakan kata-kata baru sesering mungkin. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, seperti menggunakan kata-kata baru dalam kalimat; membuat contoh kalimat dengan kosakata dalam konteks yang mudah, sehingga bisa dengan mudah mengingatnya; mencatat kosa kata khusus pada catatan Post-It. Seperti penggunaan sticky notes, sehingga dapat dibaca secara teratur.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Cara ketiga adalah mencoba bercakap-cakap dalam percakapan sehari-hari. Untuk meningkatkan bahasa Inggris, harus mengambil langkah mundur. Adalah ide yang bagus, dalam situasi tertentu, untuk mempelajari seluruh ekspresi. Saat mempelajari suatu ekspresi, juga mempelajari semua kata yang membentuknya. juga dapat mempelajari kata-kata dengan banyak makna seperti ‘focus’. Sebagai kata benda, kata tersebut berarti pusat minat atau aktivitas. Sebagai kata kerja, itu berarti beradaptasi dengan tingkat cahaya yang ada dan menjadi mampu melihat dengan jelas atau memberi perhatian khusus pada sesuatu. Mengetahui semua definisi dapat membantu lebih memahami kata tersebut

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Selanjutnya adalah menciptakan lingkungan berbahasa Inggris. Cara ini dianggap paling efektif dan paling mudah dilaksanakan, karena bias langsung di aplikasikan di kelas, di rumah bahkan di kamar siswa. Yaitu dengan cara menempelkan sticky note di tempat-tempat strategis yang paling sering dipakai. Dengan meletakkan sticky notes di lemari es, meja, dan lain sebagainya akan dengan cepat menghafal semua kosakata. Mulailah dengan membuat daftar kata sesuai dengan fungsi dan jenisnya untuk meningkatkan daya ingat.

Cara kelima adalah mulai berbicara dalam bahasa Inggris. English is a practice. Bahasa intinya adalah praktik, semakin kita sering berbahasa inggris dalam keseharian kita, semakin lancar dalam menggunakan bahasa tersebut. Gunakan untuk hal-hal kecil seperti menyapa, memberi selamat, atau ketika kita akan berpisah. Ini akan menambah kita semakin jelas dan lancar dalam berbahasa Inggris.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Keenam adalah menggunakan teknologi baru untuk belajar bahasa Inggris. Cara ini paling digemari oleh generasi milenial sekarang. Salah satunya melalui game. Game adalah cara yang bagus untuk belajar bahasa asing. Selain game online, menggunakan aplikasi di tablet atau ponsel cerdas bisa menjadi alat yang hebat untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, bisa juga melalui pelajaran bahasa Inggris online. Mereka yang belajar bahasa Inggris dapat menyempurnakan kosa kata mereka berkat sejumlah sumber daya bahasa Inggris online. Untuk membuatnya lebih mudah, beberapa situs yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris secara online antara lain Kampung Inggris Online, English First, Duolingo, British Council, dll. Sumber daya ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris. Setelah menguasai dasar-dasarnya, kita bisa bermain game Duolingo untuk menguji kembali kosa kata.  (*)