Pati  

Korsleting Listrik, Satu Rumah Lenyap Dilalap Api

BERJIBAKU: Masyarakat dan petugas sedang mencoba memadam sisa kobaran api, Selasa (1/11). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Salah satu rumah di Desa Karangsumber, Kecamatan Winong milik Sugiyono ludes di lalap si Jago merah, Selasa (1/11) pagi. Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai seratus juta lebih.

Dugaan pemicu kebakaran disebabkan adanya korsleting listrik. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun korban mengalami kerugian materil mencapai Rp 120 juta.

Selamat Idulfitri 2024

Adapun kerugian Sugiyono meliputi sejumlah barang yang terbakar di dalam rumah joglo kediamannya. Dari mulai satu unit bangunan, limasan ukuran 11×12 meter, dua unit sepeda angin, perabotan rumah tangga, kemudian barang elektronik seperti kulkas, televisi hingga mesin cuci.

Baca juga:  Dewan Janji Awasi Pasokan Gas Melon

Kasi Humas Polresta Pati AKP Pujiati menjelaskan, rumah milik Sugiyono terbakar pada pukul 08.00. Kejadian kebakaran ini pertama kali diketahui sejumlah tetangga dekatnya.

“Kejadian ini awalnya diketahui tetangga korban, Hadi Sutikno dan Darpin. Mereka yang berada di depan rumah sebelah utara melihat asap dan api ada di dalam rumah,” terangnya.

Dia menjelaskan, para tetangga berusaha masuk kedalam rumah untuk mengetahui asal titik api. Namun, kondisi api sudah tak bisa dikendalikan. “Api yang sudah menjalar di atap rumah dan sudah membesar lalu para tetangga korban menghubungi Damkar dan perangkat desa,” terangnya.

Baca juga:  Penumpang Bus AKAP Turun Drastis

Selang 30 menit kemudian, 2 Mobil Damkar baru datang untuk memadamkan api. Barulah api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30.

“Sebelum Damkar datang, warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Karena api yang sudah membesar dan membakar di seluruh rumah,” tandasnya. (lut/fat)