UMKM  

Ikut Lapak Ganjar Bikin Produk Sandal Kulit Jepara Ini Tembus Luar Daerah

Pelaku usaha pembuatan sandal kulit dari Jepara, Ardi Setiawan. (HUMAS/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Ardi Setiawan, tidak pernah menyangka kalau usaha pembuatan sandal kulit yang diawali dari iseng, mampu menembus pasar hingga luar daerah. Bahkan sampai saat ini pesanan sandal yang diberi merek Guvenli itu terus mengalir.

Ya, pemuda asli Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara Kota itu mengungkapkan, keberhasilan pemasaran produk sandalnya itu tidak lepas dari program Lapak Ganjar, promosi gratis melalui instastory Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Bikin usaha sandal kulit awalnya iseng, karena saya kerja di pembuatan sofa kulit. Limbahnya saya kumpulkan dan bawa pulang, untuk dibuat sandal kulit,” cerita Ardi, saat ditemui di rumahnya, Jumat (17/2/2023).

Dengan modal kulit bekas itu, ia merancang dan menjahit sendiri sesuai selera. Ardi juga telah menghitung kualitas sandal yang dibuatnya agar tidak mudah rusak.

“Saya itu suka sandal model slop kulit. Tapi karena saya sering beli sandal kulit hanya bertahan sampai satu bulan terus rusak. Akhirnya saya bikin sendiri dan awet,” ungkapnya.

Hasil karyanya itu ternyata banyak dilirik oleh teman-teman dekat. Ardi pun mulai menerima pesanan sandal kulit dari orang-orang dekatnya.

“Dan teman-teman pada minat. Alhamdulillah banyak yang beli bikinan saya. Pertama bikin 10 buah dan sold out semua,” jelasnya.

Meski mendapat respon positif, namun Ardi belum mampu mengelola pasarnya. Hingga akhirnya ia mencoba ikut sertakan promosi lewat Lapak Ganjar. Dari sinilah, usahanya kian dikenal banyak orang sampai di luar Jepara.

“Hingga ada Lapak Ganjar, iseng ikut dan dipromosikan oleh Pak Ganjar. Akhirnya laris banget dan terjual banyak, bahkan sampai Kalimantan dan Sumatera,” katanya.

Dari hasil penjualannya itu, Ardi mampu membeli mesin jahit sendiri. Kini, ia terus mengembangkan produknya dengan berinovasi model.

Produk sandal kulitnya relatif murah hanya dibanderol Rp90 ribu sampai Rp125 ribu per pasang. Itu bisa dilihat di instagramnya @guvenli.leatther

“Lapak Ganjar itu bagus karena bisa bantu UMKM kecil seperti aku ini. Semoga Lapak Ganjar selalu ada,” tandasnya. (hms/rds)