Fakultas Kedokteran Udinus Dibuka

SIMBOLIS: Penyerahan SK pembukaan Fakultas Kedokteran di Udinus di Hotel Patra Jasa Semarang, beberapa waktu lalu. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang resmi menerima Surat Keputusan (SK) pembukaan Fakultas Kedokteran. Penyerahan tersebut tertuang dalam SK Mendikbudristek RI dengan nomor 690/E/O/2023 yang diberikan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko kepada Ketua Yayasan Dian Nuswantoro Tri Rustanti yang kemudian diserahkan Rektor Udinus, Edi Noersasongko.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko menyampaikan bahwa Udinus telah menyerahkan permohonan sejak akhir tahun 2022 lalu. Dalam prosesnya, Udinus mengajukan permohonan bersama dengan beberapa universitas lainnya. Di antaranya Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universita Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Baca juga:  Tanamkan Pendidikan Karakter pada Siswa lewat Kurban

“Ada tiga perguruan tinggi yang ajukan usul prodi kedokteran. Yaitu Udinus, Unnes, UKSW,” katanya usai menyerahkan SK Pembukaan Fakultas Kedokteran Udinus pada Wisuda ke-78 di Patra Jasa Hotel, beberapa waktu lalu.

Bhimo menyampaikan sudah ada sembilan perguruan tinggi dengan prodi kedokteran di Jawa Tengah. Pihaknya berharap dengan adanya pertambahan fakultas kedokteran di Jawa Tengah ini mampu menjadi penguat bagi program studi (prodi) yang sudah ada sebelumnya.

Dirinya pun menyebut Udinus sudah bisa menerima mahasiswa baru pada prodi kedokteran di tahun ini. Yakni dengan jumlah kuota sebanyak 50 mahasiswa.

Baca juga:  PPP Tanggapi Munculnya Baliho Altas

“Kami harap ini menjadi penguat prodi yang ada untuk berkontribusi di Jateng penyediaan tenaga dokter. Tenaga medis yang dalam kajiannya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) masih kurang di Indoensia. Harapannya Udinus bisa lari kencang untuk jalankan prodi ini dan harapannya bisa memenuhi kekurangan tenaga medis dan tenaga dokter di Indonesia. Terutama di Jateng,” harapnya.

Rektor Udinus, Edi Noersasongko mengaku sangat bersyukur setelah menerima SK pembukaan Fakultas Kedokteran ini. Sebab dalam perjalanannya, mengurus proses pengajuan izin ini sangatlah sulit. Saat ini, Edi mengaku siap mengebut untuk menerima mahasiwa baru.

Baca juga:  Bappeda Bersama Bapemperda DPRD Jateng Bahas RPJPD di Jawa Barat

“Alhamdulillah hari ini ada penyerahan SK kedokteran juga. Dimana kami sudah bisa membuka pendaftaran untuk angakatan pertama dengan target 50 mahasiswa,” ungkapnya.

Adapun nantinya Fakultas Kedokteran Udinus akan bertempat di bekas bangunan dari SMK Kartini. Tepatnya di Jalan Imam Bonjol No.199, Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

“Gedungnya di Jalan Imam Bonjol 199. Bekas gedung SMK Kartini kita beli, tembus sampai Udinus. Ke depan kita ingin mengembangkan S2 dan S3,” tandasnya. (luk/mg4)