Udinus Jadi Percontohan MBKM Mandiri

SUASANA: Kampus Merdeka Fair 2023 di Kota Semarang, beberapa waktu lalu. (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali mengibarkan prestasinya. Kali ini pihaknya ditunjuk menjadi percontohan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi perguruan tinggi lain di wilayahnya.

Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Sri Suning Kusumawardani menyebut bahwa Udinus adalah salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah yang merasakan dampak kemajuan program MBKM. Oleh sebab itu, MBKM di Udinus bisa dijadikan tolak ukur karena pembinaan kepada mahasiswa yang berkualitas.

“Pemilihan Udinus sendiri setelah berkoordinasi dengan LLDIKTI, kami awal tahun melakukan kunjungan dan ternyata Udinus sudah melaksanakan dari pertengahan tahun 2000-an. Dan kita melihat dampak yang dilihat dari kemandirian dan kami sepakat pada saat itu mengusulkan Udinus tuan rumah disini bukan sekedar wacara,” ujarnya kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Pusaka Jateng Jadi Ajang Kolaborasi

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam juga menyampaikan bahwa semangat dari Kampus Merdeka memiliki esensi transformasi pendidikan tinggi untuk bersama melangkah maju ke depan. Harapannya, dari Kampus Merdeka, perguruan tinggi tidak hanya mencetak lulusan. Akan tetapi memerdekakan potensi mahasiswa agar mereka menjadi yang terbaik setelah lulus dari bangku perkuliahan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan KM Fair 2023. Semoga melalui kegiatan ini, kita bisa saling berbagi pengalaman, menimba ilmu, dan mengokohkan semangat transformasi perguruan tinggi kita menuju perguruan tinggi masa depan yang gemilang,” kata Nizam.

Baca juga:  Pemprov Jateng Masih Punya PR Banjir Rob

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kampus Merdeka Fair di Kota Semarang. Kampus Merdeka Fair kali ini diisi dengan kegiatan pameran yang telah berlangsung sejak Rabu (30/8), serta kegiatan sharing session alumni dan mitra MBKM, bedah buku, dan diskusi panel yang diselenggarakan usai acara pembukaan.

Rektor Udinus, Edi Noersasongko, menyambut baik penunjukan Udinus sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kampus Merdeka Fair. Kesempatan ini, menurutnya, semakin memacu semangat Udinus untuk terus berkarya dan menciptakan berbagai keunggulan yang kreatif.

Dalam sambutannya, ia menerangkan bahwa Udinus telah ikut menyelenggarakan berbagai program Kampus Merdeka secara mandiri. Ia berharap, inisiatif serupa juga muncul di berbagai perguruan tinggi lainnya.

Baca juga:  Dewan Sayangkan Proses Pembangunan Jembatan Kaca Tinjomoyo Terhenti

“Saya berharap juga semua perguruan tinggi di Jawa Tengah ini dengan didukung oleh mitra berlomba-lomba untuk melaksanakan Kampus Merdeka Mandiri,” ucapnya. (luk/mg4)