Jepara  

Puluhan PKL di Jalan Protokol Diamankan Satpol PP

TERTIB: Salah satu petugas dari Satpol PP Jepara tengah berbincang usai melakukan patrol, Selasa (3/10) malam. (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) berhasil diringkus Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara, Selasa (3/10) malam. Mereka kedapatan melanggar dengan berjualan di sekitar jalan protokol.

Pada Selasa (3/10) malam, Satpol PP bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara melakukan patroli di jalan protokol. Satpol PP menindak PKL. Sedangkan Dishub ditugaskan mensterilkan trotoar dari parkir liar.

Petugas terdiri dari 36 personel gabungan, kemudian disebar di beberapa titik krusial. Mulai dari Jembatan Kaliwiso (dekat Jalan Ahmad Yani), Jalan Kartini, Jalan Pemuda, dan Alun-alun Satu Jepara. Selama beberapa jam mengamankan kawasan.

Baca juga:  Pj Bupati Jepara Jalin Silaturahmi dengan Awak Media

Sub Koordinator (Subkor) Penyidik dan Penyelidikan Satpol PP Jepara, Abdul Mu’id menginformasikan, patroli kali ini sebagai langkah penegakkan hukum. Karena, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara peroleh laporan dari beberapa masyarakat.

Adapun, penegakkan hukum di wilayah Kabupaten Jepara ini. Ia menyatakan, hal itu berdasar pada Peraturan Daerah (Perda) Jepara nomor 20/2012 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3).

Selain itu adapula Peraturan Bupati (Perbup) Jepara no 163/2010 tentang lokasi perdagangan untuk PKL, dan adalah Pergub Jawa Tengah nomor 300/3 tahun 2016 tentang Kawasan Tertib di Jateng Tahap II. Serta Perbup nomor 300/312 tahun 2016 tentang penetapan kawasan tertib di Jepara.

Baca juga:  Pemilu 2024, Kemenag Jepara Sebut Masyarakat Kian Dewasa

Selama patroli, pihaknya menemukan beberapa PKL dan motor parkir liar di seputar jalan protokol. Tidak banyak, karena ini merupakan patroli yang kedua. Pada hari pertama, mereka sudah diperingatkan dan sekarang benar-benar ditaati.

Kemudian, Mu’id juga berharap, agar PKL menaati sepenuhnya aturan dari Pemerintah. Sementara itu, PKL diminta untuk geser tempat berjualan. Yaitu di beberapa lokasi yang telah ditentukan, seperti lingkungan Stadion Gelora Bumi Kartini (SGBK), Alun-alun Dua Jepara, dan lingkungan Stadiom Kamal Junaidi.

“Patroli kali ini bisa dianggap berhasil, sebab PKL telah berjalan secara tertib. Sedikit yang melanggar. Dalam waktu dekat, patroli akan diadakan kembali, tunggu saja penindakannya di lapangan,” pungkasnya. (cr2/fat)