Singgih: Media Harus Jaga Integritas

SERAHKAN: Kepala Biro Joglo Jogja, Allam Muzhaffar bersama tim memberikan kenang-kenangan saat perayaan Hari Jadi kepada Pj Wali Kota Yogyakarta di Kantor Wali Kota, Senin (9/10). (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima audiensi tim media Joglo Jogja di kantor Wali Kota di Komplek Balai Kota, Senin (9/10). Kegiatan itu, dilakukan untuk menjalin sinergitas anatara pemerintah dengan media agar terus memberikan informasi yang valid dan terpercaya kepada masyarakat, khususnya di wilayah Yogyakarta.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, rasa terimakasihnya atas kedatangan Tim Joglo Jogja di kantornya. Ia berharap, dengan kedatangan tim media ini bisa menjalin kerjasama dengan baik antara pemerintahan dengan media kedepannya.

“Terimakasih atas kerjasamanya selama ini. Kami harap Joglo Jogja agar terus  memberikan informasi kepada masyarakat yang berimbang. Dalam hal ini, pemerintah dan media memang saling membutuhkan. Media membutuhkan bahan untuk pemberitaan. Sementara itu, pemerintah butuh memberikan informasi kepada masyarakat tentang program-program di pemerintahan,” ungkapnya saat ditemui Joglo Jogja di Ruangannya, Senin (9/10).

Baca juga:  Joko Tepis Isu Rekomendasi DPP PDIP

Singgih menambahkan, saat ini sudah banyak media yang melakukan pemberitaan secara berimbang. Menurutnya, untuk melakukan pemberitaan memang harus sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Hal itu, dikarenakan dirinya tidak menyukai jika media hanya memihak kepada satu sisi.

“Kalau sekarang ini, saya rasa media sudah lebih independent. Artinya penyajian beritanya itu berimbang. Jika saya ketemu media yang melakukan keberpihakan pasti itu saya tegur. Karena jika mengikuti etika jurnalistik itu kan tidak boleh,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro (Kabiro) Joglo Jogja Allam Muzhaffar Hanif mengatakan, maksud dan tujuan kedatangannya ke Pemerintah Kota (pemkot) Yogyakarta yakni untuk menjalin sinergitas dan hubungan baik dengan Pemkot Yogyakarta. Karena PT. Joglo Nusantara Mediatama merupakan media cetak dan online yang ruang lingkupnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng).

Baca juga:  Pastikan Daging Layak, Pemkot Yogyakarta Beri Bimbingan Penyembelihan Kurban

“Media kami salah satunya memiliki tujuan untuk mengawal otonomi daerah, baik itu di kabupaten, kota, maupun provinsi. Harapannya kami bisa menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat dengan pemberitaan yang valid dan berimbang” jelasnya.

Ia berharap, di setiap kabupaten ataupun kota, dapat menjalin sinergitas dengan pemerintah, agar bisa memberikan pemberitaan-pemberitaan yang berimbang. Mengingat selama ini media di Indonesia, khususnya di DIY dan Jateng banyak sekali dinamika-dinamika yang dapat menggiring opini masyarakat.

Pihaknya mengaku akan terus bersinergi agar bisa beri pemberitaan berimbang, valid, dan sesuai fakta. Terkhusus untuk kemaslahatan masyarakat Kota Yogyakarta dan perkembangan di wilayahnya.

Baca juga:  Jemput Bola Perekaman KTP-el Digencarkan

“Selama ini, kami sudah banyak masuk di sektor pemerintahan, pendidikan, ekonomi, pertanian, dan isu yang saat ini sedang hangat di Yogyakarta terkait pengelolaan sampah,” tambahnya.

Dengan adanya sinergitas, diharapkan dapat memberi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga program yang ada di Kota Yogyakarta bisa tersampaikan kepada masyarakat secara masif dan jelas. Terkhusus program yang benar-benar langsung dampaknya dirasakan oleh masyarakat.

Diakhir kegiatan itu, tim media Joglo Jogja memberikan kenang-kenangan berupa figura HUT Ke 267 Kota Yogyakarta. Di mana itu hasil peliputan selama rangkaian HUT yang telah disusun Tim Joglo Jogja. (riz/all)