Demak  

KPU Demak Perkuat Amunisi melalui Perekrutan KPPS

PEMAPARAN: Tampak Ketua KPU Demak, Siti Ulfah saat sedang memberikan pemahaman kepada jajaran elemen terkait yang hadir, Rabu (6/12/2023). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menambah amunisi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Amunisi tersebut dilakukan melalui perekrutan tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Demak.

Ketua KPU Demak, Siti Ulfaati menyampaikan, rapat koordinasi yang dilakukan pada Rabu (6/12/2023) dilakukan demi persiapan rekrutmen KPPS se-Kabupaten Demak yang dilaksanakan pada Senin (11/12/2023) mendatang.

Kali ini, pihaknya membutuhkan tenaga sebanyak 25 ribuan KPPS. Diharapkan, jajaran terkait yang ikut rakor ini bisa mengajak saudaranya untuk partisipasi Pemilu 2024.

Baca juga:  Kenang Peristiwa Isra Mikraj, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Pengajian Bersama Warga

“Kami membutuhkan tenaga KPPS sebanyak 25 ribuan. Semoga elemen yang hadir disini bisa membantu dalam menyebarkan informasi perekrutan ini,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Rabu (6/12/2023).

Kemudian, ia merinci seberapa banyak untuk mengisi tenaga KPPS di Kabupaten Demak yang sudah tersebar di beberapa wilayah. Yaitu, 25.506 orang yang tersebar di 3.658 TPS di 249 desa dan 14 kecamatan se-Kabupaten Demak.

“Nah, untuk total dari itu semua itu 32.742 tenaga yang telah tersebar di beberapa desa maupun kecamatan,” ulasnya.

Ia juga memberikan penjelasan terkait tahapan Pemilu 2024 yang saat ini memasuki masa kampanye. Kampanye tersebut dimulai sejak 28 November hingga 10 Februari 2024. KPU mengajak elemen masyarakat untuk mengenal calon pemimpin yang akan dipilih.

Baca juga:  Peringati Hari Gizi Nasional, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Demo Masak dan Penyuluhan

“Selain kampanye ini, kami sekarang sedang pengadaan logistik pemilu. Kemarin sudah masuk dan terus berlanjut hingga Januari. Logistik ini akan digeser ke KPPS sebelum pelaksanaan pemungutan suara,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Demak, Heri Darwanto mengatakan, untuk kegiatan rakor persiapan perekrutan ini diikuti oleh sebanyak 28 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 24 organisasi masyarakat, 14 camat, 249 lurah se-Kabupaten Demak. Kehadiran mereka juga diharapkan membantu dalam mensukseskan Pemilu 2024.

Outputnya ini semoga dapat terlaksananya sosialisasi proses rekrutmen KPPS. Selain itu, agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjadi penyelanggaraan pemilu dalam hal ini KPPS,” pungkasnya. (cr12/fat)