Ketua DPRD Dorong Masyarakat Turut Sukseskan Pemilu

Ketua DPRD Sleman, Haris Sugiharta
Ketua DPRD Sleman, Haris Sugiharta. (ISTIMEWA/ JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sleman terus mendorong seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Dalam hal itu, menjaga kondusifitas pemilu merupakan tanggung jawab bersama.

Ketua DPRD Kabupaten Sleman Haris Sugiharta mengatakan, kolaborasi dan sinergi dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk memastikan berlangsungnya pemilu yang damai, kondusif, dan penuh kegembiraan. Ia berpendapat, bahwa kualitas pemimpin yang dihasilkan dari proses demokrasi yang baik akan memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

“Tentu mari kita bergandengan tangan, bersinergi agar pemilu itu berjalan damai, kondusif dan riang gembira. Karena bila prosesnya sangat baik maka pasti pemimpin yang lahir karena proses demokrasi pasti berkualitas,” terangnya, Rabu (31/1/24).

Baca juga:  Warga Keluhkan Bukit Sampah Mandala Krida

Menurutnya, kesuksesan pemilu bergantung pada tiga komponen utama, yaitu penyelenggara, peserta, dan masyarakat. Sinergi yang baik antara ketiga komponen tersebut akan menjadikan pemilu sebagai tonggak sejarah positif. Bukan hanya untuk bangsa dan negara, tetapi juga untuk kemajuan Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut ia menuturkan, selain mengajak masyarakat mensukseskan jalannya pemilu, ia juga mengajak untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang hari pelaksanaan pemilu. Sebab, saat ini banyak masyarakat di daerah disajikan berita media sosial yang terkesan mengadu domba karena beda pilihan.

Meskipun ia meyakini, masyarakat di Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah cerdas dan tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun, masyarakat perlu bersikap kritis dan tidak mudah percaya dengan segala informasi yang diterima terutama dari media sosial, terlebih dengan isu-isu yang condong mengarah kepada saling menjatuhkan.

Baca juga:  Antisipasi Peningkatan ODGJ, KSSJ Digiatkan

“Yang jelas masyarakat kita ini sudah sangat cerdas dalam memilih bakal calon pemimpin pada 14 Februari nanti. Sehingga mereka tidak mudah diadu domba oleh oknum-oknum yang sengaja ingin memecah belah antar sesama,” ungkapnya.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kabupaten Sleman itu juga mengingatkan, bahwa berbeda pilihan di pemilu tahun ini tentunya adalah hal yang wajar. Olehkarenanya, ia mengingatkan jangan sampai terjadi perpecahan dan pertengkaran antar sesama hanya karena beda pilihan.

“Semoga Pemilu tahun ini benar-benar berjalan lancar aman dan damai sesuai keinginan kita bersama,” tuturnya.

Baca juga:  Perkuat Branding, Sertifikasi Alpukat Suro Diajukan

Menurutnya, sampai saat ini kondusifitas Kabupaten Sleman aman dari gangguan kamtibmas, baik itu akibat persoalan pemilu serta gangguan kamtibmas lainnya. Bahkan para personel Kepolisian di daerah itu, selalu melakukan pengamanan di setiap sudut kota yang menjadi wilayah hukumnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong generasi muda untuk ikut berperan dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024.  Salah satunya dengan menggunakan hak pilih saat pemungutan suara nanti.

“Partisipasi generasi muda sangat penting dalam pesta demokrasi mendatang. Karena masa depan bangsa ini ada di tangan mereka,” tandasnya. (bam/bid)