Persiapan Pilkada, PDIP Bantul akan Lakukan Pertemuan Internal

Sekretaris DPC PDIP Bantul, Hanung Raharjo
Sekretaris DPC PDIP Bantul, Hanung Raharjo. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Di tengah isu yang berkembang terkait dengan mulai munculnya riak pencalonan kepala daerah, Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC-PDIP) Kabupaten Bantul mulai persiapan diri. Pihaknya menyebut, dalam minggu-minggu ini akan segera melakukan pertemuan internal membahas Pilkada.

Sekretaris DPC PDIP Bantul Hanung Raharjo menyampaikan, pihaknya akan mengikuti tahapan Pilkada ini sesuai dengan mekanisme yang sudah tetapkan. Saat ini pun pihaknya sudah mulai bergegas menyiapkan proses penyaringan Bakal Calon (Bacalon) yang akan diikutkan kompetisi dalam Pilkada November mendatang.

“Tahapan sekarang ini tetap berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada. Kami pun dari PDIP sudah menyiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan bagaimana menjaring Bacalon,” ungkapnya, Selasa (16/4/24).

Baca juga:  Siaga Hadapi Gempa, SMP IT LHI Yogyakarta Gelar Simulasi Kebencanaan

Menurutnya, mengingat ketua DPC PDIP Bantul yang saat ini merupakan incumbent wakil Bupati, pihaknya pun memberikan indikasi sudah memiliki salah satu calon potensial. Namun, tidak menutup kemungkinan pihaknya juga akan melakukan penjaringan terhadap figur-figur dari luar partai yang berpotensi untuk dicalonkan.

“Dan dalam hal ini kita juga jelas, karena ketua DPC juga incumbent. Kita juga pastikan, PDIP nantinya tetap akan melihat figur-figur yang saat ini di Bantul siap untuk ikut Pilkada,” ujarnya.

Hanung mengatakan, terkait dengan kemungkinan penerimaan calon dari luar partai ini, pihaknya masih menunggu petunjuk dari para pimpinan. Baik itu pimpinan cabang, daerah, maupun pimpinan pusat.

Baca juga:  Perkenalkan Budaya lewat Penguatan Pelajar Pancasila

“Untuk hal itu, kita juga masih menunggu petunjuk dari pimpinan ya, dalam hal ini dari ketua DPC, DPD, maupun DPP. Saat ini kami belum koordinasi lebih lanjut, mungkin dalam minggu ini kita akan ada koordinasi dan rapat sehingga nanti baru kita pastikan sejauh mana, aturan seperti apa, dan bagaimana mekanisme dalam rangka penjaringan calon tersebut,” jelasnya.

Sampai saat ini, dirinya mengatakan belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai nama-nama yang berpotensi dicalonkan dalam Pilkada. “Kita belum sempat koordinasi, sehingga belum bisa menyampaikan,” katanya.

Baca juga:  DPRD Sleman Dorong Pemkab Jalankan Pembangunan dengan Baik

Namun Hanung juga menyinggung bahwa terkait dengan komunikasi dengan partai politik lainnya tetap berjalan dengan baik. Meskipun hanya sekadar komunikasi non formal atau di luar komunikasi formal yang membahas langsung terkait dengan isu Pilkada.

“Secara non formal kita tetap kita menjalin hubungan baik dengan partai lain terutama kami yang di dewan, di DPRD Bantul, yang setiap harinya ketemu dengan fraksi lain. Di situ kita komunikasi walaupun non formal. Terus kemudian ditingkatkan pimpinan-pimpinan partai Pak Ketua sudah menjalin komunikasi juga,” pungkasnya. (nik/abd)