E-Manajemen Karier Jogja Unggul Pantau Talenta Pegawai

BERJEJER: Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya (ketiga dari kanan) bersama tamu undangan dalam peluncuran E-Manajemen Karier Jogja Unggul di Hotel Khas Tugu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mulai menggunakan E-Manajemen Karier Jogja Unggul sebagai sistem manajemen talenta yang terintegrasi dalam aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi tersebut berfungsi untuk melihat talenta pegawai, sehingga dapat dilakukan pengolahan Sumber Daya Manusia (SDM) secara tepat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta Dedi Budiono mengatakan, E-Manajemen Karier Jogja Unggul merupakan sistem terintegrasi berbagai platform di aplikasi JSS. “Saat ini Pemkot Yogyakarta menjadi ke-14 di Indonesia yang menerapkan sistem manajemen talenta. Di mana E-Manajemen Karier Jogja Unggul hadir menjadi decision support system,” ungkapnya, Selasa (28/5/24).

Baca juga:  Joko Lempar Jawab ke Halim soal Maju Bersama

Ia menambahkan, aplikasi tersebut dapat memotret bagaimana pegawai yang terdiri dari kualifikasi pendidikan, kompetensi, dan potensi Aparatur Sipil Negara (ASN),. Nantinya dapat dilihat dengan penilaian kinerja, disiplin, dan aspek perilaku.

“Sehingga didapatkan ASN unggul yang akan menempati jabatan tertentu sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, potensi, dan kinerja yang dibutuhkan. Harapannya, seiring berjalannya waktu juga akan terus beradaptasi atas perkembangan zaman yang terjadi, melalui evaluasi secara berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menambahkan, prestasi yang telah dicapai itu menjadi modal dasar untuk semakin memperkuat ASN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Tentu saja dengan sistem pengembangan karier atau proses manajemen kepegawaian yang sudah sesuai dengan standar nasional ini, menjadi dasar bagaimana membangun ASN yang kuat dan memastikan program pembangunan dan pelayanan publik berjalan lebih optimal,” pungkasnya. (riz/abd)