Kudus  

Pasar Loak di Kudus Terbakar

Lihat: Tampak petugas BPBD Kudus sedang memantau perkembangan Pasar Babe di Kota Kretek untuk mencegah kebakaran susulan, Rabu (5/6/2024). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kebakaran terjadi di Pasar Barito atau Babe (barang bekas) di Jalan Kudus-Purwodadi Desa Jati Kabupaten Kudus sekira pukul 01.00 WIB, Rabu (5/6/2024) dini hari. Kebakaran tersebut menyebabkan 250 kios dan pasar loak hangus terbakar dengan luasan 100meter x 100meter.

Kasi Kedaruratan BPBD Kudus, Munaji mengatakan, hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak terkait, namun diperkirakan ada konsleting listrik dari salah satu kios di angkat berada di tengah belakang.

“Dari keterangan saksi tidak ada aktivitas di pasar, penjaga mengetahui api sudah mulai menyala pada 00.30 WIB, dan sudah tidak bisa dikendalikan,” ujarnya.

Baca juga:  Banyak yang Belum Jalan, Dinas PMD Segera Evaluasi BUMDes

Dia mengatakan pasar tersebut biasa digunakan menjual peralatan listrik, peralatan rumah tangga, sparepart Mobil dan Motor yang mudah terbakar.

Dampak dari kejadian tersebut sekitar 300an pedagang tidak bisa berjualan. Untuk jumlah kerugian masih dilakukan penghitungan.

“Proses pemadaman, ada tujuh mobil unit mobil pemadam yang dilibatkan. Tim pemadam dibantu masyarakat sekitar melakukan pemadaman api,” pungkasnya. (adm/fat)