Dukung UMKM, Dewan Dorong OPD Laksanakan Sobat Ikan

Anggota Komisi C Bidang Ekonomi dan Keuangan dari Fraksi PKS, Daliwan. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menilik makin besarnya kebutuhan pengembangan UMKM, Anggota DPRD Kabupaten Pemalang mendorong Dinas Perikanan (Disperik) Kabupaten Pemalang untuk meluaskan program Sobat Ikan untuk para pelaku usaha, terutama peternak ikan. Di mana memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah, sehingga tersebar ratusan pembudidaya ikan, baik di daerah pesisir maupun punggung.

Anggota Komisi C DPRD Pemalang Daliwan menuturkan, kebutuhan pelatihan hingga pengembangan modal untuk para pelaku UMKM akan semakin meningkat, sejalan dengan perkembangan ekonomi di suatu daerah. Maka program Sobat Ikan dari Disperik Pemalang agar bisa lebih dikembangkan untuk mendorong peningkatan perkembangan para UMKM, khususnya peternak serta pengolah perikanan.

Baca juga:  Gaji PPPK Jadi Penyumbang Terbesar Kenaikan SILPA

“Pemalang ini sangat kaya SDA, dari gunung sampai laut ada. Salah satunya di bidang perikanan Disperik punya program Sobat Ikan yang sangat luar biasa. Jadi kita dorong agar masyarakat terutama pemilik UMKM di bidang industri perikanan bisa mengikutinya,” ujarnya, belum lama ini.

Pihaknya melihat, para petani, pembudidayaan serta pengusaha pengolahan ikan membutuhkan pelatihan dan bimbingan yang intensif. Sehingga produk-produk yang dihasilkan lebih bervariatif, menarik dan mempunyai perizinan dari izin UMKM hingga sertifikasi halal jelas.

Selain itu, diharapkan akses pembukaan modal untuk para pelaku usaha dapat dipermudah serta tidak memberatkan. Sehingga kolaborasi seluruh stakeholder dirasa sangat dibutuhkan demi memajukan perekonomian yang akan bermuara pada pembangunan daerah yang lebih baik nantinya.

Baca juga:  Tekan Permasalahan melalui Pelatihan Pengolahan Sampah

“Termasuk melakukan kerja sama dengan daerah-daerah lain dalam pengembangan program tersebut. Seperti yang ada di Kabupaten Sleman, di sana sudah berjalan baik. Jadi tidak di Mojo saja tetapi bisa meluas se-Kabupaten Pemalang,” pungkasnya.(fan/sam)