Buat E-KTP Yuk, Syaratnya Cukup Bawa Foto Copy KK

  • Bagikan
Seorang warga melakukan perekaman E-KTP.

KUDUS– Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengajak masyarakat untuk membuat E-KTP sebagai dokumen kependudukan dan data diri. Apalagi sayarat dan caranya cukup mudah.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Kudus, Agus Sumarsono. Ia menjelaskan, untuk mengurus e-KTP, warga hanya memerlukan foto copy kartu keluarga (KK) dan telah berumur 17 tahun atau sudah menikah.

“Jadi sebenarnya hanya satu. Yaitu foto copy kartu keluarga. Dan kami jamin 1×24 jam jadi, apabila ada stok blangko e-KTP,” ujarnya ketika ditemui di kantor Disdukcapil baru-baru ini.

Ia menjelaskan, syarat tersebut berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Menurutnya, sebelum adanya Perpres ini, warga diharuskan memiliki surat pengantar dari Ketua RT setempat dan Surat Pengantar dari kepala desa, kutipan akta nikah/akta kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 tahun tapi sudah menikah dan akta kelahuran. “Untuk mengurusnya bisa ke kantor kecamatan, disdukcapil ataupun lewat aplikasi Disdukcapil Kudus Online,” urainya.

Selain itu, Plt. Disdukcapil Kudus, Eko Hari Djatmiko menambahkan, apabila warga tak ada waktu untuk mendatangi kedua kantor tersebut, warga Kabupaten Kudus bisa mengurus via aplikasi Disdukcapil Kudus atau ke Balai Desa setempat.“Kita ada grup WhatApp yang beranggotakan seluruh kepala desa di Kabupaten Kudus. Kita manfaatkan grub itu untuk pelayanan masyarakat,” tandasnya.(cr3/lut)

  • Bagikan