Kudus, UMKM  

Ribuan Masyarakat Meriahkan Kirab Budaya Desa Menawan

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus Hj. Mawar Hartopo ikut berjoged saat pembukaan Kirab Budaya di Desa Menawan, Kecamatan Gebog.

KUDUS – Ribuan masyarakat ikut memeriahkan Kirab Budaya Amboja Abiyoso yang digelar Pemerintah Desa Menawan, Kecamatan Gebog kemarin. Kegiatan tersebut diselenggarakan guna melestarikan adat istiadat dan mengangkat produk usaha mikro kecil dan menengah milk warga setempat.

Hadir menyaksikan kirab tersebut, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus Hj. Mawar Hartopo, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan unsur Muspika Kecamatan Gebog.

Kepala Desa Menawan M. Solichin mengatakan, kirab budaya melibatkan enam RW di desanya. Masing-masing RW menampilkan berbagai kesenian budaya asli maupun hasil karya warga sendiri. Selain itu, gunungan berisi hasil alam berupa buah dan sayur ditampilkan oleh warga yang mayoritas bertani. Tak mau ketinggalan, TP PKK Desa juga ikut meramaikan kirab dengan mengangkat UMKM desa sebagai bagian dari program UP2K.

Baca juga:  Percepat Pelayanan Masyarakat melalui Penambahan Sarpras

“Pemdes Desa Menawan dan panitia kirab budaya menyampaikan apresiasi kepada para warga yang hadir. Kami ingin menunjukkan bahwa inilah desaku, Menawanku. Mudah-mudaha,n warga desa kedepan semakin bertambah maju kesejahteraannya. Senang bisa bersatu dengan warga untuk melaksanakan pesta rakyat kirab budaya yang diikuti RT RW yang senantiasa guyub rukun mendukung Pemdes Menawan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan adat istiadat dan kearifan lokal. Karena kearifan lokal mampu menyaring pengaruh arus global yang masuk di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak masyarakat Desa Menawan pada khususnya untuk berperan dalam menjaga adat istiadat warisan leluhur.

Baca juga:  Honda Brio Paling Dicari Masyarakat Kudus

“Kedepan, kesenian adat di Desa Denawan dapat terus dibina dan dikembangkan. Kami mengajak kepada semua warga untuk menjaga adat istiadat dan melestarikan kearifan lokal,” ajaknya.

Sebelum kirab dimulai, Mawar Hartopo berkesempatan melihat produk UMKM hasil binaan TP PKK Desa Menawan. Produk mulai dari makanan ringan hingga kuliner khas memenuhi area stand UMKM. Dirinya juga berkesempatan mencicipi kuliner khas yakni Bubur Cenil. Sebagai Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten, dirinya mengapresiasi peran aktif TP PKK Desa dan pemerintah desa dalam mengangkat produk unggulan karya masyarakat.(adv)