Kalau Kena E-Tilang, Ini Prosedur yang Dilalui Pelanggar Lalu Lintas

Petugas Dirlantas Polda Jateng saat memantau traffic lalu lintas di RMTC
MENUNJUKKAN: Petugas Dirlantas Polda Jateng saat memantau traffic lalu lintas di RMTC, belum lama ini.(MIFTAHUL UMAM/LINGKAR JATENG)

SEMARANG– Sejumlah ruas jalan di Kota Semarang sudah diawasii sstem electroic traffic laws enforcemet atau tilang elektronik (ETLE). Melalui kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR) berteknologi tinggi, sistem akan memantau aktivitas sekaligus merekam pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara.

Pengendara yang tertangkap kamera melanggar akan diindentifikasi melalui database di kepolisian. Setelah itu, kepolisian akan mengirimkan pemberitahuan melalui pos kepada pemilik kendaraan yang melanggar.

Setelah menerima surat pemberitahuan, pengendara yang melanggar diminta memberikan pernyataan dalam tujuh hari melalui website www.etle.pmj.info.

Baca juga:  Disnakertrans Jateng Pulangkan 49 Korban TPPO

“Jika tidak, STNK kendaraan akan diblokir. Pengendara diminta mengklarifikasi data. Setelah itu, kami akan berikan surat tilang yang harus dibayar via transfer di bank,” pungkasnya.

Sementara itu diketahui, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Antariksawan secara resmi digantikan oleh Kombes Pol Subandriya. Serah terima jabatan itu dilakukan di Mapolda Jateng baru-baru ini. Selain Dirlantas, sejumlah pejabat utama dan Kapolres berbagai daerah juga dimutasi.(mam/pal/lut)