Terungkap! Ini Penjelasan Siku ‘Tersetrum’ saat Terbentur Meja

  • Bagikan
Siku tersetrum
Ilustrasi seseorang sedang mengalami sensasi layaknya tersetrum

LINGKARJATENG.COM – Masih banyak yang belum tahu penjelasan secara medis, mengapa siku terasa seperti tersetrum saat terbentur meja. Pakar kesehatan menyebutkan jika tangan, khususnya siku, memang bisa mengalami sensasi layaknya tersetrum atau kesemutan yang parah dan bisa menjalar hingga ke telapak tangan saat terbentur dengan benda yang cukup keras.

Dikutip dari DokterSehat, sensasi ini ternyata muncul karena saat terbentur, bagian siku terdapat tendon yang merupakan bagian dari otot yang akhirnya mengalami kontraksi karena benturan tersebut.

Tidak hanya itu, pada siku juga terdapat beberapa saraf yang jika terbentur oleh benda keras layaknya sisi meja akan mengalami sensasi layaknya tersetrum. Salah satu dari jenis saraf tersebut adalah saraf ulnaris. Saraf ini ternyata tidak begitu terlindungi oleh tulang atau otot pada siku sehingga bisa merasakan dampak langsung andai terkena benturan.

Saat terkena benturan inilah, saraf ini akan langsung memberikan sinyal pada otak di mana otak akan meresponsnya sebagai sensasi kesetrum. Saraf ulnaris ini ternyata juga terhubung dengan jari kelingking dan sebagian jari manis. Karena alasan inilah sensasi kesetrum ini bisa terasa hingga jari tangan kita.

Biasanya, jika benturan ini tergolong ringan, maka sensasi layaknya kesetrum ini akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika benturan ini sangat keras, maka bisa jadi saraf akan mengalami cedera atau menimbulkan cedera pada jaringan di sekitar siku hingga memicu patah tulang atau dislokasi tulang.

Dalam beberapa kasus yang jarang, sensasi layaknya kesetrum ini bisa terus ada dan tak kunjung hilang. Jika anda merasakan hal tersebut, ada baiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui dengan pasti masalah yang menyebabkannya. Namun, ada baiknya anda mencoba untuk mengistirahatkan tangan terlebih dahulu, memberikan pijatan ringan atau kompres hangat pada area yang terkena benturan, hingga melakukan peregangan agar sensasi kesetrum bisa menghilang.

  • Bagikan